Momen HBA, Kajari Pasaman Barat ingatkan netralitas Adhyaksa saat Pilkada 2024

id Kejaksaan Negeri Pasaman Barat,Hari Bhakti Adhyaksa ke-64

Momen HBA, Kajari Pasaman Barat ingatkan netralitas Adhyaksa saat Pilkada 2024

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra saat memimpin upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024 di Simpang Empat, Senin. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat Muhammad Yusuf Putra menegaskan kepada semua pegawai Adhyaksa itu agar tidak ikut berpolitik praktis saat pemilihan kepala daerah 2024 nanti.

"Di momen Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024 ini saya ingatkan jangan terlibat politik praktis. Netralitas Adhyaksa harga mati," tegasnya usai upacara memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024 di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya sesuai amanat Jaksa Agung Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024 mengusung tema "Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas” juga menegaskan netralitas Adhyaksa pada Pilkada 2024.

"Pada Pilkada 2024 diperlukan kesiapan dan peran serta jajaran kejaksaan dalam sentra Gakkumdu, yang paling saya soroti adalah terkait netralitas jajaran Kejaksaan. Saya tegaskan, tidak ada ruang politik praktis bagi kita, netralitas Adhyaksa harga mati," tegas Jaksa Agung Burhanuddin pada amanatnya.

Ia mengatakan pada amanat itu juga dikatakan tahun ini merupakan tahun transisi peringatan HBA karena mulai tahun 2025, peringatan hari lahir kejaksaan pada tanggal 2 September,l.

Namun setiap tanggal 22 Juli hanya akan memperingatinya dengan upacara sebagai momen berkontemplasi secara internal dan edukasi kepada masyarakat atas peran dan kedudukan kejaksaan.

"Lima tahun perjalanan Kejaksaan belakangan ini telah melukiskan grafik eksponensial menanjak yang menunjukkan tren sangat positif. Dalam kurun lima tahun belakangan ini pula kejaksaan mampu hadir untuk menjawab harapan masyarakat," katanya.

Jaksa Agung mengingatkan agar semua Insan Adhyaksa selalu waspada, jangan lengah sedikit pun, karena upaya pelemahan terhadap institusi yang kita cintai ini selalu di gencarkan oleh oknum-oknum jahat dan pihak yang tidak nyaman dengan penegakan hukum yang dijalankan.

Kajari Pasaman Barat menambahkan di momen HBA Kejaksaan Negeri Pasaman Barat juga telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti kegiatan donor darah bersama PMI, cek urine pegawai bersama BNNK, penanaman bunga dan bersih sampah di sepanjang jalan Soekarno-Hatta Simpang Empat serta anjang sana ke rumah pensiunan kejaksaan.

Kemudian juga melaksanakan syukuran berupa pemotongan tumpeng, pemberian santunan pendidikan kepada anak pegawai dan honorer serta juga ada hiburan. ***2***