Unbrah Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di CFD Padang Peringati 30 Tahun

id Baiturahmah, Unbrah

Unbrah Gelar Pemeriksaan Kesehatan  Gratis di CFD Padang Peringati 30 Tahun

Tes kesehatan bagian dari rangkaian acara Lustrum Unbrah di Padang. (ANTARA/HO-Unbrah)

Padang (ANTARA) - Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di kegiatan Car Free Day Kota Padang pada Minggu 7 Juli 2024 guna memperingati Ulang Tahun kampus yang ke 30 atau Lustrum VI.

Kegiatan ini dipusatkan di Jalan Rasuna Sa'id depan Rumah Makan Sederhana dengan menggelar tes berupa periksa tekanan darah dan periksa kadar gula darah serta mengukur berat badan.

"Kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam AEM Team dari Kedokteran Unbrah dan sejumlah tenaga kesehatan Unbrah, " kata Ketua Pelaksana dr. Rusyahadati, Sp.M.K

Ia menyebutkan kegiatan ini berlangsung semenjak pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB sesuai waktu gelaran CFD.

Sebanyak 300 orang yang merupakan peserta CFD ikut diperiksa pada tes kesehatan ini.

"Ini sesuai target sebanyak 300 orang dapat berpartisipasi dalam pemeriksaan kesehatan ini, " ujarnya.

Dia menambahkan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini bagian dari rangkaian Lustrum Unbrah bagian pengabdian masyarakat atau bakti sosial.

Sebelum ini katanya telah dilaksanakan bakti sosial penyuluhan di SDN Aie Pacah dan Sunatan Massal.
Tes kesehatan bagian dari rangkaian acara Lustrum Unbrah di Padang. (ANTARA/HO-Unbrah)
Ia menambahkan beberapa dosen juga ikut serta dalam kegiatan ini yakni Dr. Nova Arikhman, SKM, M.Kes, Vitri Yuli Afni Amran, S.ST, M.Keb, Dian Eka Nursyam, S.ST, M.Keb, apt, Yahdian Rasyadi, M.Farm, dan Hendri Devita, SKM, M.Biomed.

Disamping itu ikut serta tenaga kependidikan bidang kesehatan terdiri atas Irman Saputra, Feri Efriyan dan Khairunnas dan 10 orang mahasiswa AEM Team.

Sementara itu Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyebutkan kegiatan tes kesehatan bagian dari rangkaian acara Lustrum Unbrah yang puncaknya dilaksanakan pada 16 Juli 2024.

Sejalan dengan pemeriksaan kesehatan hari ini sebut Musliar dilaksanakan Jalan Santai dengan membagi bagikan hadiah "doorprize" kepada peserta melalui kupon yang dibagikan.

"Alhamdulilah hadiah doorprize cukup banyak meliputi sepeda listrik, televisi dan hingga handphone" katanya.

Kegiatan besar lain yang telah dilaksanakan dalam memperingati Lustrum VI Unbrah ini yakni Lomba Olimpiade Biologi, MTQ, Marandang dan lomba olahraga.*