Mahasiswa UNP gali kebutuhan remaja untuk tingkatkan kedekatan dengan keluarga

id UNP, Padang,PKM Riset Humaniora Psychofusion dari Universitas Negeri Padang (UNP)

Mahasiswa UNP gali kebutuhan remaja untuk tingkatkan kedekatan dengan keluarga

PKM Riset Humaniora Psychofusion dari Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan sosialisasi dan pengumpulan data di sekolah di Padang. (ANTARA/Atika)

Padang (ANTARA) - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Humaniora Psychofusion dari Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan "need assessment analysis" untuk menggali kebutuhan remaja dalam menjalin hubungan yang lebih dekat dengan keluarga.

Ketua Tim PKM Riset Humaniora Psychofusion UNP, Sella Twuentika di Padang, Kamis menuturkan "need assessment" itu dilakukan menggunakan dua metode yaitu "open ended quisionere" dan Forum group discussion (FGD).

Ia mengatakan fokus utama dari kuesioner terbuka yang diajukan meliputi kebutuhan remaja untuk bisa menjalin hubungan relasi yang dekat, kemudian kegiatan yang dianggap nyaman dan menyenangkan bersama keluarga.

Kemudian, alasan remaja merasa sulit berkomunikasi dengan anggota keluarga, serta pertanyaan lainnya yang relevan dengan hubungan keluarga.

"Hasil dari "need assessment" ini akan dijadikan sebagai sumber data utama dalam penyusunan buku Psychofusion Family Harmony yang merupakan output dari riset ini," katanya.

Buku tersebut nantinya akan menjadi panduan interaktif bagi remaja untuk lebih dekat dengan keluarga, berdasarkan kebutuhan dan aspirasi yang mereka sampaikan langsung.

"Dengan melibatkan remaja secara langsung dalam proses pengumpulan data, tim PKM berharap dapat menciptakan panduan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan realitas yang dihadapi remaja," kata Sella.

Ia berharap buku itu nantinya dapat membantu generasi muda untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis dan erat dengan keluarga, serta mengatasi kendala komunikasi yang mungkin mereka hadapi.

Ia menambahkan kegiatan itu merupakan langkah awal dari rangkaian penelitian yang dilakukan oleh Tim PKM RSH Psychofusion UNP untuk mempromosikan hubungan keluarga yang harmonis dan saling mendukung.

Kegiatan "need assessment analysis" itu dilaksanakan pada dua sekolah dan satu universitas masing-masing SMKS Dhuafa Padang yang telah dilakukan pada 14 Mei 2024. Kemudian di SMPN 17 Padang pada 28 Mei 2024 melalui metode "open ended quisionere". Sementara metode Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP pada 9 Juni 2024.

Kegiatan sosialisasi dan pengumpulan data itu diikuti oleh 30 siswa kelas 2 SMK, 25 siswa kelas 7 SMP, dan 9 mahasiswa perwakilan dari berbagai fakultas di UNP.

Tim PKM Riset Humaniora Psychofusion dari Universitas Negeri Padang (UNP) itu terdiri dari lima mahasiswa yaitu Sella Twuentika sebagai Ketua Tim PKM, bersama Atika Hulva Trirahma, Assyifa Herbi Nuari, Elsya Wira Agnesia, dan Diva Khairunnisa Sambodo.*