Sosiolog jelaskan penyebab meningkatnya tren tawuran di Padang

id tawuran,tawuran pelajar,sosiolog unp,Padang

Sosiolog jelaskan penyebab meningkatnya tren tawuran di Padang

Sosiolog dari Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat (Sumbar) Erianjoni saat diwawancarai, di Padang. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Sosiolog dari Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat (Sumbar) Erianjoni menjelaskan penyebab meningkatnya tren aksi tawuran di kalangan pelajar di Kota Padang selama beberapa waktu terakhir.

"Saya melihat gejala kenakalan remaja dan eskalasinya sudah sangat bervariasi. Bahkan sudah seperti tiada minggu tanpa tawuran," kata sosiolog dari UNP Erianjoni di Padang, Jumat.

Hal itu disampaikan Erianjoni berkaitan dengan kasus meninggalnya seorang pelajar sekolah menengah pertama (SMP) sederajat yang ditemukan di bawah jembatan Kuranji, Kota Padang. Saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Menurut dia, meningkatnya kecenderungan tawuran dan kenakalan remaja di Kota Padang bisa dipengaruhi oleh tiga faktor. Pertama, hal itu muncul dari kesalahan pendidikan dalam keluarga. Kedua, kesalahan di lingkup sekolah dan terakhir pengaruh lingkungan di masyarakat.

"Mungkin ada yang salah dari tiga faktor itu dan perlu kita telaah lagi," kata Erianjoni.

Erianjoni yang juga Sekretaris UNP tersebut mengatakan seseorang yang sedang berada dalam tahap usia remaja memiliki sebuah energi besar yang mesti disalurkan kepada hal-hal yang positif.

"Kekuatan dalam diri remaja itu seyogianya disalurkan melalui berbagai kegiatan positif di seperti olah raga dan lain sebagainya," ujarnya.

Namun, menurut dia, apabila energi tersebut tidak tersalurkan dengan tepat atau kurang mendapat dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat maka bisa berdampak buruk, salah satunya tawuran.

"Jadi, kalau tidak ada dukungan dari keluarga atau sekolah kepada anak maka energi positif tadi bisa berubah menjadi energi negatif," ujar dia.

Menurut dia, untuk meminimalisir kenakalan remaja hingga aksi tawuran maka pemerintah daerah perlu menekankan penguatan upaya preventif dibandingkan tindakan represif.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto menyatakan perlu fakta untuk mengungkap kasus tewasnya Afif Maulana (13) seorang pelajar SMP di Kuranji, Padang.

"Ketika isu yang beredar tidak berangkat dari fakta yang bisa dibuktikan maka ini akan membuat bingung publik," kata Benny.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sosiolog jelaskan penyebab meningkatnya tren tawuran di Padang