Idul Adha 1445H, Pj Wako Andree Algamar Puji Semangat Berqurban Warga Padang

id Kurban, Padang, andree Algamar

Idul Adha 1445H, Pj Wako Andree Algamar Puji Semangat Berqurban Warga Padang

Kurban di Padang. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar memuji semangat berqurban dari warga Kota Padang pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 ini.

Apresiasi ini diutarakannya seiring meningkatnya jumlah hewan qurban di Kota Padang pada tahun ini dengan total keseluruhan sebanyak 8.047. Diantaranya terdiri 7.064 ekor sapi, 980 ekor kambing dan 3 ekor kerbau.

"Kita bersyukur atas peningkatan jumlah hewan qurban yang disembelih di Kota Padang pada momentum Idul Adha tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 8.019 ekor hewan qurban," ungkap Pj Wako kepada wartawan sewaktu menyaksikan penyembelihan 5 (lima) ekor sapi qurban dari Pemko Padang di kawasan Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah, Senin (17/6/2024).

Andree juga mengapresiasi pelaksanaan berqurban dari ASN di seluruh OPD di lingkungan Pemko Padang yang tahun ini juga mengalami peningkatan.

"Hewan qurban yang berhasil dihimpun Pemko Padang di tahun ini berjumlah 60 ekor. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni 55 ekor hewan qurban. Semua hewan qurban tersebut akan kita distribusikan ke masjid/musala di Kota Padang yang minim hewan qurban," ujarnya.

Terkait pelaksanaan ibadah qurban, sebut Andree, sejatinya adalah salah satu amalan penting yang dilakukan di saat Hari Raya Idul Adha. Berqurban dianjurkan dalam ajaran Islam sebagai bentuk rasa syukur atas semua nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, sekaligus momen untuk berbagi kebahagiaan dan keberkahan.

"Alhamdulillah, untuk di lingkungan Balai Kota Padang Aie Pacah ini kita melakukan penyembelihan sebanyak 5 ekor sapi qurban. Daging qurban tersebut akan kita bagikan kepada para pegawai non ASN, cleaning service serta security dan warga di sekitar Balai Kota Padang," tukas Pj Wali Kota didampingi Kabag Kesra Jasman.

Sebelum menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban di kawasan Balai Kota Padang, Pj Wali Kota Andree Algamar melaksanakan shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Ukhuwah Balai Kota Padang. Bertindak sebagai khatib Ustadz Dr. H. Despi Dasmal, M. Ag dan Imam Shalat Ustadz H. Irsyad, S.Iq, S.Ag.*