OKKPD Agam lakukan pengujian pangan segar di pasar tradisional

id OKKPD Agam,berita agam,berita sumbar

OKKPD Agam lakukan pengujian pangan segar di pasar tradisional

Tim Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Kabupaten Agam sedang memeriksa sampel di Pasar Lama Lubuk Basung. Dok HO/Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan pengujian pangan segar di Pasar Lama Lubuk Basung dalam rangka menjamin keamanan pangan yang dikonsumsi warga dari zat kimia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam Rosva Deswira di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan sampel pangan segar itu diambil di Pasar Lama Lubuk Basung pada Rabu (13/6).

"Sampel berupa cabai merah, cabai rawit, sawi, wortel, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kol, ikan kembung dan daging ayam langsung diuji oleh petugas yang kita turunkan," katanya.

Ia mengatakan pengujian sampel pangan segar dilakukan dengan menggunakan rapid test pestisida dan formalin.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua sampel yang diuji negatif residu pestisida dan formalin serta aman dikonsumsi.

"Semua sampel yang kita uji tidak mengandung zat kimia dan aman untuk dikonsumsi," katanya.

Ia menambahkan pengujian pangan itu bertujuan untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Agam dan ini dalam rangka Hari Pangan Sedunia.

Keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian pangan secara berkala.

"Ini untuk memastikan bahwa pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari bahan berbahaya," katanya.

Ia mengapresiasi kinerja OKKPD Kabupaten Agam dalam melaksanakan tugasnya. Ia berharap tim ini dapat terus bekerja dengan semangat dan profesionalisme untuk memastikan keamanan pangan bagi masyarakat Agam.

"Kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan pangan dan mendorong para pedagang untuk selalu menjual bahan pangan yang aman dan berkualitas," katanya.