Bupati Sabar AS berharap lahir generasi Qur'ani Pasaman lewat MDTA

id Bupati Pasaman, Sabar AS

Bupati Sabar AS berharap lahir generasi Qur'ani Pasaman lewat MDTA

Bupati Sabar AS di saat menghadiri acara Khatam Al Qur'an ke-19 MDTA Al Hidayah Lubuk Baik di Masjid Nurul Ikhlas Jorong Induk Gadang, Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Minggu.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS berharap kedepannga akan lahir generasi muda yang Qur'ani lewat lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang tersebar di seluruh daerah Pasaman.

Hal ini disampaikan Bupati Sabar AS di saat menghadiri acara Khatam Al Qur'an ke-19 MDTA Al Hidayah Lubuk Baik di Masjid Nurul Ikhlas Jorong Induk Gadang, Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Minggu.

“Mari terus perbanyak membaca, memahami, serta mengimplementasikan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah dengan demikian kita akan tergolong orang-orang yang bertakwa. Sehingga kedepan lahir generasi Qur'ani lewat MDTA ini,” ungkap Sabar AS.

Sabar AS mengatakan bahwa kegiatan khatam dan wisuda yang ini bukanlah akhir dari sebuah proses pembelajaran dan pendalaman Al-Qur’an.

"Akan tetapi jadikan momentum ini sebagai langkah awal ananda semua untuk mentransferkan nilai-nilai luhur Al-Qur’an kepada sahabat maupun teman bahkan keluarga kita yang belum benar-benar memahami isi kandungan Al-Qur’an dengan baik," katanya.

Makanya, dalam hal ini kata Sabar AS, sangat bangga kepada pengurus MDTA Al Hidayah Lubuk Baik Nagari Jambak melalui kerja keras dan tekadnya yang secara ikhlas dan istiqomah dapat membimbing para calon kader penjaga kemurnian Al-Quran ini tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan material demi tujuan mulia ini.

Selanjutnya, Bupati Sabar AS mengucapkan selamat kepada seluruh santriwan/santriwati peserta Khatam Al-Quran yang diharapkan menjadi generasi unggul guna mewujudkan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

"Semoga anak-anak kami yang ikut dalam khatam Al-Quran ini, menjadi generasi qur'ani, generasi unggul, dan generasi taat kepada Allah SWT, aamiin ya rabbal alamin," ujarnya.

Tak lupa pula pada acara khatam Al Quran itu, Bupati Pasaman Sabar AS menyampaikan sejumlah program yang tengah dan akan dilanjutkan pembangunanya di Kabupaten Pasaman.

Sebab kata dia, pembangunan itu berproses, butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Jika program berganti akibat kebijakan berbeda oleh si pengambil kebijakan yang berbeda, maka program-program yang sudah dimulai, akan putus di tengah jalan dan tidak akan pernah tuntas.

"Program pembangunan Pasaman seperti Pendidikan gratis dan Pengobatan gratis, Pasaman Berimtag serta peningkatan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan, maupun pembangunan infrastruktur/jalan secara bertahap, adalah program yang berdampak langsung dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Program ini akan kita teruskan ke depannya," sebut Sabar AS.

Wali Nagari Jambak, Yong Hendri menambahkan bahwa khatam Al-Quran menjadi awal untuk memahami lebih dalam isi kandungan kitab suci umat islam tersebut.

"Teruslah belajar, belajar dan belajar Al-Quran, inilah langkah awal untuk lebih mendalami Al- Quran. Tetaplah, di ingat khatam bukan akhir dari membaca Al-Quran," ucapnya.

Sementara pengurus MDTA Al Hidayah Lubuk Baik, drh. Afdalu Zikri YS mengatakan khatam Al-Quran diikuti oleh 22 orang santriwan/santriwati.

Kegiatan tersebut dihadiri SKPD terkait, Camat, niniak mamak maupun alim ulama setempat serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.