Pemkot Pariaman catat pencari kerja periode Januari-Mei 75 orang

id Pemkot Pariaman ,BERITA PARIAMAN,BERITA SUMBAR

Pemkot Pariaman catat pencari kerja periode Januari-Mei 75 orang

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Sumbar Gusniyetti Zaunit (dua kanan) pada suatu kegiatan. ANTARA/Aadiaat M. S.  

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mencatat jumlah pencari kerja di daerah itu pada periode Januari-Mei 2024 baru mencapai 75 orang yang jumlah itu diprediksi bertambah hingga akhir tahun.

"Hingga 28 Mei ada 75 orang pencari kerja. Biasanya jumlahnya akan meningkat signifikan jika pemerintah atau BUMN atau BUMD membuka lowongan pekerjaan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan setiap pencari kerja baik tamatan SMA sederajat maupun sarjana diminta untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian yang spesifik agar mudah mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pencari kerja di Pariaman mengikuti pelatihan yang diminati sehingga memiliki modal keahlian sebelum bekerja.

"Jadi meskipun sarjana, tapi keterampilan untuk memasuki dunia kerja harus ditambah melalui pelatihan-pelatihan," katanya.

Ia menyampaikan Pemkot Pariaman memfasilitasi warga Pariaman untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Namun, lanjutnya pesertanya tidak hanya difokuskan kepada pencari kerja tetapi juga seluruh warga.

"Sekarang ada 16 warga Pariaman yang mengikuti pelatihan di Serang, Banten. Mungkin saja ada pencari kerja di dalamnya, karena saya tidak menelusurinya, Lagian informasi pelatihan disebar kepada warga," ujarnya.

Ia meminta para pencari kerja di Pariaman mengakses aplikasi Siap Kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan RI karena di dalamnya terdapat lowongan pekerjaan.

Pihaknya mencatat jumlah pencari kerja di daerah itu pada 2023 mencapai 276 orang yang berasal dari tamatan SMA sederajat dan sarjana dengan berbagai jurusan.

Diketahui beberapa tahun terakhir Pemkot Pariaman memfasilitasi warganya mengikuti pelatihan baik yang dilaksanakan pemerintah pusat maupun Pemkot Pariaman agar tidak saja dapat bekerja di perusahaan yang ada dalam negeri namun juga luar negeri.

Tujuannya yaitu agar warga di daerah itu mendapatkan pekerjaan yang layak dan gaji yang besar sehingga dapat mengangkat perekonomian keluarganya.