35 Perpustakaan di Agam dapat bantuan dari Perpusnas

id Bupati Agam Andri Warman,Perpustakaan di Agam

35 Perpustakaan di Agam dapat bantuan dari Perpusnas

Bupati Agam Andri Warman sedang meninjau Perpustakaan. Dok HO/Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak 35 Perpustakaan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima bantuan buku dari Perpustakaan Nasional, dalam rangka meningkatkan kualitas literasi di daerah itu.

Bantuan ini terdiri dari 1.000 judul buku siap pakai, satu rak buku, serta pendampingan bagi pengelola perpustakaan.

"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perpustakaan Nasional atas bantuan yang diberikan kepada 35 Perpustakaan di wilayah Kabupaten Agam," kata Bupati Agam Andri Warman di Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan bantuan ini sejalan dengan misi Kabupaten Agam untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter.

“Kami percaya bahwa dengan peningkatan akses dan kualitas literasi, masyarakat Agam akan semakin teredukasi dan berdaya saing tinggi. Semoga kerjasama yang baik ini terus berlanjut dan membawa manfaat besar bagi perkembangan literasi dan pendidikan di daerah kami," katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini, akses terhadap bacaan bermutu akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil.

Selain memberikan buku dan rak buku, Perpustakaan Nasional juga menyediakan program pendampingan bagi para pengelola perpustakaan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola dalam mengelola Perpustakaan secara profesional dan efisien.

"Bantuan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat budaya literasi di Indonesia, dengan harapan dapat mencetak generasi yang lebih cerdas dan berdaya saing," katanya.

Bantu buku itu diberikan saat rapat koordinasi nasional (Rakornas) Perpustakaan yang berlangsung di Jakarta pada 14-15 Mei 2024.

Rakornas dengan tema “Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi” dengan surat Nomor B.1406/4/PPM.00.00/III.2024 tanggal 19 Maret 2024 yang ditandatangani Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Adin Bondar.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dan kabupaten/kota termasuk Kabupaten Agam, ketua forum perpustakaan, penerbit, pengusaha rekaman dan pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas.