Pemkot Bukittinggi raih Opini WTP sebelas kali berturut-turut

id Pemkot Bukittinggi,Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar,berita bukittinggi,berita sumbar

Pemkot Bukittinggi raih Opini WTP sebelas kali berturut-turut

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Ketua DPRD Benny Yusrial menerima penghargaan WTP kali kesebelas (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kesebelas kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bukittinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat.

Opini WTP yang diraih Kota Bukittinggi tahun 2023 diserahkan Kepala BPK Arif Agus SE MM Ak CPA CSFA kepada Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Ketua DPRD Beny Yusrial, didampingi Sekda Martias Wanto, Assisten III, Syafnir dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi lainnya, di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatra Barat, Padang, Senin.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumbar yang telah memberikan penilaian atas LHP LKPD 2023. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kembali diraih Kota Bukittinggi kali ini diterima untuk yang kesebelas kali secara berturut-turut ini sebagai bentuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani terutama dalam pengelolaan dan pengunaan anggaran serta keuangan daerah.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih atas hasil penilaian BPK RI Perwakilan Sumbar. Ini merupakan WTP kesebelas kali secara berturut- turut yang diraih Kota Bukittinggi,” kata Erman.

Wako juga mengapresiasi kerjasama, sinergi dan kesungguhan antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan. Selain itu, wali kota juga berterima kasih pada segenap jajaran Pemko Bukittinggi.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, mengapresiasi kineja Pemko Bukittinggi yang sebelas kali meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat. DPRD Kota Bukittinggi akan tetap bersinergi dengan Pemko Bukittinggi dalam menciptakan pemerintahan yang baik. Hal itu tentu akan diwujudkan dengan lebih memaksimalkan fungsi penganggaran dan pengawasan serta legislasi.

“Alhamdulilah, atas nama pimpinan DPRD dan anggota bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada jajaran Pemko Bukittinggi, yang kembali meraih opini WTP untuk kesebelas kalinya, melalui penilaian BPK Perwakilan Provinsi Sumbar. Pencapaian yang luar biasa dan kami di DPRD pun tetap akan terus meningkatkan fungsi pengawasan, agar Bukittinggi lebih baik lagi, lebih baik lagi,” kata Benny.

Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, Arif Agus, menyampaikan, pemeriksaan ditujukan memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bukittinggi tahun 2023 dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar tertentu.

"Yaitu akuntansi pemerintah , kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan terhadap hal tersebut pemerintah Bukittinggi telah berhasil memenuhi persyaratan tersebut dan mematuhi aturan pengelolaan anggaran hingga berbuah penghargaan 11 tahun berturut turut," kata Arif