Disambangi BPKK, Hendri Septa Dukung Perluasan Lapangan Kerja "Entrepreneurship" di Padang

id Padang, Hendri Septa

Disambangi BPKK, Hendri Septa Dukung Perluasan Lapangan Kerja "Entrepreneurship" di Padang

Wali Kota Padang, Hendri Septa terima Balai Perluasan Kesempatan Kerja (BPKK) Bekasi. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang Hendri Septa disambangi Balai Perluasan Kesempatan Kerja (BPKK) Bekasi dalam misi perluasan kesempatan lapangan pekerjaan di kediaman resminya, Senin, (29/4/2024).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Sumatera Barat (BP3MI Sumbar), Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, Hendri Septa menyampaikan Pemerintah Kota Padang berkomitmen dalam mewujudkan lapangan pekerjaan bagi generasi muda.

"Kita mendukung dan berkomitmen dalam dunia pekerjaan ini dalam menekan angka pengangguran. Terutama segmentasi entrepreneurship, yang mampu menjadikan pencaker lebih mandiri," tuturnya.

Sementara Kepala Balai Perluasan Kesempatan Kerja Bekasi (BPKK) Lucia Hartiningtyas Mardyasari menuturkan salah satu transformasi perluasan kesempatan kerja yang dapat dilakukan adalah peningkatan kapasitas Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

"Saya berharap pemerintah daerah, terutama bupati/wali kota, memperhatikan terkait perluasan kesempatan kerja, tidak hanya pelatihan saja yang didorong tapi perluasan kesempatan kerja ini perlu mendapatkan perhatian," ujarnya.

Balai Perluasan Kesempatan Kerja (BPKK) Bekasi mengajak pemerintah daerah atau Pemerintah Kota Padang mengalokasikan anggaran untuk perluasan lapangan kerja.

Kementerian Ketenagakerjaan saat ini fokus melakukan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan.

Sebelumnya, pada tahun 2023 pihaknya memfasilitasi sebanyak 325 kelompok TKM di Sumbar. Dengan presentase hampir 50 persen dari angka itu merupakan kelmpok TKM dari Kota Padang.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala BP3MI wilayah Sumbar Bayu Aryadh, Kepala Disnakerin Kota Padang Ferri Erviyan Rinaldy, Kepala BPVP Kota Padang Eka Cahyana Adi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Padang Muhammad Syahrul.*