Pemkot Pariaman tertibkan kios PKL pasca libur lebaran

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar,Objek wisata pariaman,Festival Pantai Piaman Barayo

Pemkot Pariaman tertibkan kios PKL pasca libur lebaran

Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar Yotta Balad (kanan) terlihat mengarahkan anggota Satpol PP Pariaman dalam kegiatan penertiban kios pedagang di objek wisata. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menertibkan kios pedagang kaki lima (PKL) di objek wisata di daerah itu usai melaksanakan Piaman Barayo pada libur lebaran 2023 guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

"Kami sengaja menata PKL di kawasan objek wisata pasca Pariaman Barayo guna menata kembali pedagang dan sekaligus membuat pengunjung nyaman saat berada di lokasi wisata," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan penataan tersebut tidak saja dilakukan di kawasan objek wisata Pantai Gandoriah namun juga objek wisata pantai lainnya di Pariaman.

Ia menjelaskan penataan dimaksudkan bukan untuk menghalangi pedagang berjualan namun berupaya agar objek wisata terkesan rapi sehingga wisatawan berdatangan yang tentu nantinya berdampak pada omzet pedagang.

"Kami hanya ingin merapikan agar masing–masing kios lebih terlihat jelas dan tidak ditutupi terpal sehingga terlihat lebih bersih. Kalau kios rapi dan bersih maka secara tidak langsung pembeli akan betah berbelanja," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya tidak saja merapikan kios namun juga membersihkan sampah dan merapikan pohon–pohon pelindung yang sudah mulai menghalangi keindahan objek wisata di daerah itu.

Diketahui Pemkot Pariaman terus menjaga keindahan dan kerapian objek wisata pantai di daerah itu. Namun selama kegiatan Piaman Barayo yang dilaksanakan pada 23 April sampai 7 Mei 2023 Pemkot Pariaman membuka kesempatan kepada warga untuk berdagang di objek wisata.

Tujuannya ialah untuk meningkatkan perekonomian warga yang berjualan di objek wisata namun dengan syarat tidak mengganggu fasilitas umum.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar.