Ribuan jamaah ikuti Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Pariaman

id Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Ribuan jamaah ikuti Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Pariaman

Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar Yota Balad menyampaikan sambutan sebelum diselenggarakanya Salat Idul Fitri 1445 Hijrah di Lapangan Merdeka Pariaman, di Pariaman, Rabu. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Ribuan warga Kota Pariaman, Sumatera Barat dan sekitarnya mengikuti Salat Idul Fitri 1445 Hijriah berjamaah di Lapangan Merdeka yang dilaksanakan pada pagi tadi.

“Kami merasa berbahagia melihat antusias masyarakat untuk melaksanakan solat Ied di Lapangan Merdeka Pariaman ini,” kata Penjabat Wali Kota Pariaman, Roberia saat memberikan sambutan sebelum diselenggarakanya Salat Ied, di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah pusat pada Selasa (9/4) malam sehingga pada hari ini secara serentak melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ia menyampaikan banyak hikmah yang dapat diambil selama menjalankan puasa selama sebulan penuh pada bulan suci ramadhan.

“Alangkah indah dan bahagianya kita jika telah menjadi pribadi yang bertakwa, ikhlas dalam menjalankan ketaatan," ujarnya.

Sebagai umat Islam, lanjutnya maka kita harus selalu bersabar, mampu menjaga lisan, tidak membalas keburukan dengan keburukan, menjaga persatuan dan kebersamaan dengan saudara sesama muslim serta senantiasa menyambung silaturahim.

Diketahui pada kesempatan tersebut juga hadir Ketua DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi, Perwakilan Forkopimda, Kakan Kemenag Kota Pariaman Rinalfi, Sekda Kota Pariaman Yota Balad, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Kaban dan Camat se Kota Pariaman, serta kaum muslimin serta para perantau.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat kembali memusatkan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Merdeka yang merupakan lokasi bersejarah bagi warga setempat.

"Malam ini Pemkot Pariaman melaksanakan takbiran keliling kota, keesokan harinya Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Pariaman," kata Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pariaman Delri Soni di Pariaman.

Ia mengatakan jika pada pelaksanaan kegiatan Salat Idul Fitri hujan maka Pemkot Pariaman akan memindahkan kegiatan keagamaan itu ke sejumlah masjid terdekat.