Pemkot Padang kenalkan "Blue Line Tsunami Save Zone" dalam HKBN 2024

id Taunami, Padang,Padang

Pemkot Padang kenalkan "Blue Line Tsunami Save Zone" dalam HKBN 2024

Rapat persiapan HKBN 2024 di Padang. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), fokus memperkenalkan implementasi "Blue Line Tsunami Save Zone" saat menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar di Padang, Rabu, mengatakan Kota Padang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan "Blue Line Tsunami Save Zone" atau zona aman tsunami.

"Saat ini zona aman tsunami itu menjadi acuan bagi masyarakat kota ketika menyelamatkan diri saat terjadi bencana gempa," katanya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan HKBN 2024 di Padang.

Sebagai kota yang berada di pesisir pantai dengan salah satu ancaman bencananya adalah tsunami, kata dia, penetapan zona aman dirasa cukup efektif.

Sebelumnya saat terjadi bencana gempa yang dikhawatirkan menimbulkan tsunami, kepanikan warga terjadi hampir di semua kecamatan. Padahal tidak semua kecamatan yang masuk zona merah tsunami.

Dengan adanya "Blue Line Tsunami Save Zone" masyarakat yang berada di zona aman, tidak lagi panik, sementara warga di zona merah tidak lagi mengungsi jauh hingga perbukitan, tetapi cukup hingga memasuki zona aman.

"Pada peringatan HKBN tahun ini Kota Padang fokus kepada sosialisasi dan implementasi Blue Line Tsunami Save Zone ini,” katanya.

Saat ini hampir di tiap jalur arah Timur Kota Padang terdapat "Blue Line Tsunami Save Zone". Batas itu menjadi acuan bagi masyarakat saat melakukan evakuasi diri ketika terjadi gempa berpotensi tsunami.

Sementara itu Asisten I Setdako Edi Hasymi dalam rapat itu juga menyinggung tentang kesiapan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Padang dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami. Setiap OPD diharapkan untuk menyusun dan menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bencana.

“Kita minta tiap OPD segera menyiapkan SOP bencana, sehingga nanti ketika terjadi bencana, semua warga dapat menyelamatkan diri ke tempat yang telah ditetapkan sesuai SOP yang ada,” katanya.

Peringatan HKBN Tahun 2024 ini akan dipusatkan di Kota Padang pada 26 April 2024 dengan pusat kegiatan di Gedung Youth Center dan Pantai Padang.