Perbaikan jalan nasional di Sumbar tuntas jelang Lebaran

id Jalan nasional, bencana, perbaikan,Sumbar

Perbaikan jalan nasional di Sumbar tuntas jelang Lebaran

Proses perbaikan ruas jalan nasional di Sumbar. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi berharap perbaikan jalan nasional yang rusak akibat bencana bisa tuntas menjelang lebaran 1445 Hijriah/2024 agar pemudik bisa merasa nyaman.

"Kita telah perintahkan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) untuk mengintensifkan koordinasi dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar terkait perbaikan jalan ini," katanya di Padang, Kamis.

Ia menyebut sejumlah ruas jalan nasional di Sumbar rusak akibat bencana banjir dan longsor yang melanda dalam satu bulan terakhir.

Jalan tersebut merupakan akses utama bagi perantau dan wisatawan yang ingin datang ke Sumbar pada masa libur Lebaran sehingga perbaikan penting untuk segera dituntaskan.

"Kita menargetkan, paling lambat H-7 Lebaran pengerjaan seluruh badan jalan nasional yang rusak sudah tuntas," katanya.

Menyikapi arahan tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut khusus di Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini proses perbaikan jalan yang terban telah mulai dikerjakan oleh BPJN Sumbar dengan menggandeng PT. Hutama Karya.

Dia menyebutkan, sebelumnya Menteri PUPR menargetkan pembersihan material banjir bandang yang menutupi akses jalan dan penguatan tebing-tebing sungai akan rampung dalam sepekan. Namun, karena faktor cuaca, harapan tersebut mengalami sedikit perlambatan dari target.

"Meski pun demikian. Kami bersama BPJN Sumbar optimis proses perbaikan bisa tuntas sebelum mudik Lebaran dimulai," katanya.

Selain memastikan kondisi jalan aman untuk dilalui. Pemprov Sumbar bersama Polda Sumbar juga telah melakukan kesiapan guna kelancaran arus lalu lintas selama masa libur Lebaran 2024 nanti.

Di antaranya dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk rute Padang - Bukittinggi yang kerap macet pada musim libur Lebaran. Diyakini, upaya tersebut akan meningkatkan kenyamanan para pengendara yang datang ke Sumbar serta bisa menekan potensi kasus kecelakaan di Sumbar.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perbaikan jalan nasional di Sumbar tuntas jelang Lebaran