Nasyiatul Aisyiyah sambut baik dua perempuan Banten melenggang menuju Senayan

id logo kpu

Nasyiatul Aisyiyah sambut baik dua perempuan Banten melenggang menuju Senayan

Foto arsip. Seorang wanita melintas di depan logo Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Sabtu (7/6). (ANTARA FOTO/Fouri Gesang Sholeh/ss/ama/08.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Tangerang Nur Sajjidah memberikan apresiasi dan menyambut baik dua calon legislatif DPR RI perempuan Dapil III Banten yang bakal melenggang menuju Senayan pada 2024.

"Pemilih di Dapil III Banten yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan telah memercayakan hak pilihnya kepada Airin Rachmi Diany dan Okta Kumala Dewi," kata Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Tangerang Nur Sajjidah melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Airin dan Okta merupakan dua caleg perempuan yang berhasil melaju ke Senayan dari total 10 kursi yang diperebutkan. Sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di kalangan perempuan muda, Nasyiatul Aisyiyah berharap Airin dan Okta setelah dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 dapat membawa suara yang beragam dan representatif, serta menawarkan perspektif yang kuat dalam pembentukan kebijakan nasional.

"Mereka harus dapat menginspirasi perempuan, khususnya di Banten untuk tidak takut bersuara, memberikan ide-ide, gagasan yang inovatif, berdaya saing di ruang publik dan di dunia politik," ungkapnya.

Nur Sajjidah menambahkan keberhasilan keduanya menciptakan landasan yang kokoh terhadap kesetaraan dan pengarusutamaan gender serta keberagaman dalam politik Indonesia, khususnya di Dapil Banten III.

"Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Tangerang Raya sudah semakin cerdas, terbuka, dan tidak membeda-bedakan peranan perempuan di ruang publik serta di politik. Masyarakat bahkan menitipkan kepercayaannya kepada dua perempuan hebat ini," katanya.

Meskipun keterwakilan perempuan yang terpilih di Dapil Banten III, lanjut Nur Sajjidah, belum mencapai 30 persen, Sajjidah yakin bahwa kehadiran dua perempuan hebat ini akan membuka jalan lebih banyak bagi perempuan muda yang berbakat di ruang politik di Tangerang Raya.

"Harapannya dalam pemilu selanjutnya ada peningkatan signifikan dalam keterwakilan perempuan di bidang politik," pungkasnya.

Rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan caleg DPR dari Golkar Airin Rachmi Diany meraup suara terbanyak di daerah pemilihan Banten III. Ia meraup 302.878 suara dan Okta Kumala Dewi dari PAN dengan perolehan suara sebanyak 65.106.

Rapat pleno rekapitulasi diselenggarakan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat dan disampaikan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan di depan saksi Paslon dan Komisioner KPU August Mellaz.

Jatah kursi untuk Provinsi Banten di DPR yakni 24 kursi, dan untuk dapil Banten III yakni 10 kursi.

Partai Golkar memperoleh 2 kursi. Sementara PKS, PKB, Gerindra, Demokrat, NasDem dan PAN masing-masing memperoleh 1 kursi.

PDIP yang seharusnya bisa mendapatkan 2 kursi harus menunggu perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang masih menunggu total perolehan suara secara nasional untuk mendapatkan kuota Parlemen Treshold 4 persen. Jika PSI lolos, maka PDIP hanya mendapatkan 1 kursi saja.