Gubernur optimistis Pasar Raya Padang Fase VII selesai sesuai target

id pasar raya padang,pasar raya fase tujuh,gubernur sumbar

Gubernur optimistis Pasar Raya Padang Fase VII selesai sesuai target

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah saat meninjau pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII, di Padang, Selasa (5/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah optimistis pengerjaan Pasar Raya Kota Padang Fase VII selesai tepat waktu atau sesuai target yang telah ditetapkan pada Juli 2024.

"Sampai saat ini pengerjaan fisik Pasar Raya Fase VII sudah mencapai 62 persen, dan kami optimistis ini selesai selama 125 hari ke depan," kata Mahyeldi, di Padang, Selasa, di sela inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan, sekaligus meninjau pengerjaan Pasar Raya Padang Fase VII.

Meskipun hanya menyisakan waktu pengerjaan 125 hari dari target 360 hari, mantan Wali Kota Padang dua periode itu, tetap optimistis bangunan yang didanai anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tersebut selesai sesuai jadwal.

"Insya Allah tercapai. Informasi dari kontraktor pengerjaannya juga tidak ada hambatan," ujar dia pula.

Pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII menelan biaya hingga Rp103,9 miliar tersebut diproyeksikan dapat menampung 600 pedagang kaki lima, dan 308 pedagang.

Mahyeldi mengatakan keberadaan Pasar Raya Padang yang selama ini menjadi salah satu pusat perekonomian di Sumbar khususnya Kota Padang, akan sangat vital terhadap pertumbuhan ekonomi.

Untuk jangka panjang pemerintah daerah akan bersinergi dengan pemerintah pusat, termasuk rencana menggandeng investor untuk mendukung keberadaan Pasar Raya Padang khususnya pengembangan sektor lainnya.

"Tempat-tempat yang bernilai tinggi, saya kira akan lebih tepat ketika kami bersinergi dengan pihak ketiga," ujarnya pula.

Terakhir, Buya Mahyeldi sapaan akrab Gubernur Sumbar ini, menyampaikan terima kasih kepada anggota DPR RI asal Sumbar yang telah berkontribusi terhadap pembangunan Pasar Raya Fase VII.

Terpisah, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan pembangunan Pasar Raya Fase VII berawal dari aspirasi Komunitas Pedagang Pasar (KPP) yang disampaikan kepadanya.

Setelah menyerap aspirasi tersebut, Andre bersama anggota DPRD Kota Padang berusaha meyakinkan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun pasar tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur optimistis Pasar Raya Padang Fase VII selesai tepat waktu