Petani Pesisir Selatan lebih sejahtera seiring tingginya harga gabah

id Petani Pesisir Selatan

Petani Pesisir Selatan lebih sejahtera seiring tingginya harga gabah

Salah seorang petani di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan sedang menggarap lahan pertaniannya.

Painan (ANTARA) - Badan Pusat Statistik mencatat petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat lebih sejahtera, seiring tingginya harga gabah pada periode Februari tahun ini.

Indikator sejahtera itu pun terkonfirmasi dari Nilai Tukar Petani (NTP) Sumatera Barat pada periode tersebut yang meningkat dari 116,49 pada Januari, naik 1,05 menjadi 117,71 pada Februari. Indeks harga yang diterima petani 2.20 persen.

"Sedangkan indeks yang dibayarkan petani hanya 1,34 persen. Artinya saya beli petani cukup bagus," ungkap Kepala BPS Sumbar Sugeng Arianto dalam Berita Resmi Statistik edisi Maret di Padang.

Nilai Tukar Petani (NTP) adalah perbandingan indeks harga yang diterima terhadap indeks harga yang dibayar petani. Ia adalah salah satu indikator melihat daya beli petani di perdesaan.

NTP juga menunjukkan daya tukar (term of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP maka semakin kuat pula kemampuan beli petani.

Sugeng menjelaskan pada Februari 2024 empat sub-sektor mengalami peningkatan. Sub-sektor tanaman pangan, naik 0,51 persen, hortikultura 4,87 persen, tanaman perkebunan rakyat 0,65 persen dan peternakan tumbuh 0,07 persen.

"Sedangkan untuk satu subsektor perikanan mengalami penurunan sebesar 1,45 persen," jelasnya.

Penurunan indeks pada sub-sektor perikanan terjadi pada kelompok nelayan tangkap akibat cuaca buruk, sehingga mereka tidak bisa pergi melaut. Sedangkan indeks harga yang dibayar untuk kebutuhan pokok cenderung naik.

Ia melanjutkan naiknya kesejahteraan petani, khususnya pada sub-sektor tanaman pangan di Kabupaten Pesisir Selatan juga dipengaruhi tingginya harga gabah kering panen di tingkat petani dan penggilingan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan BPS pada tujuh daerah, harga gabah kering panen atau tingkat petani paling tinggi terdapat di Kabupaten Pesisir Selatan, mencapai Rp8.529 per Kilogram.

Sementara itu harga terendah berasal dari Kabupaten Pasaman, sebesar Rp6.350 per Kilogram. Demikian juga tingkat penggilingan, harga tertinggi juga berasal dari Kabupaten Pesisir hingga Rp8.676,00 per Kilogram.

Harga terendah ada di Kabupaten Pasaman, Rp6.450,00 per kg. Pada Februari rata–rata harga gabah kering tingkat petani naik 4,55 persen dari Rp7.102,64 per Kilogram pada Januari, menjadi Rp7.425,79 per Kilogram.

Sedangkan rata–rata harga gabah di tingkat

penggilingan mengalami peningkatan sebesar 4,36 persen dari Rp7.262,95 per Kilogram, kini

menjadi Rp7.579,97 per Kilogram.

Secara terpisah Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Madrianto menyampaikan, meski penghasilan petani kini relatif membaik, pemerintah kabupaten tetap menjaga daya beli rumah tangga petani.

Adapun intervensi yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan benih dan pupuk, sehingga biaya produksi mereka cenderung lebih rendah. Dengan demikian harga atau pendapatan petani lebih besar.

"Berapa tidak, mereka adalah kelompok masyarakat yang cukup rentan terhadap berbagai gejolak seperti cuaca dan harga bahan pokok lainnya," terangnya.

Selain bantuan bibit dan pupuk, pemerintah kabupaten juga menjadikan petani sebagai skala prioritas penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, baik yang dibiayai APBD maupun APBN.

Dirinya optimis lewat intervensi pengeluaran terbesar tersebut daya beli rumah tangga petani tetap terjaga. Pengeluaran yang telah dijamin pemerintah bisa dialihkan untuk usaha lain atau pemenuhan pendidikan anak mereka.