Pemkot dan Kemenag Solok kerja sama majukan pendidikan keagamaan

id Pemkot, bekerja sama, Kemenag Solok, majukan, pendidikan keagamaan

Pemkot dan Kemenag Solok kerja sama majukan pendidikan keagamaan

Pemkot Solok bersama Kemenag Kota Solok saat menggelar rapat bersama (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok menjalin kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok, Sumatera Barat, dalam rangka memajukan pendidikan keagamaan di daerah itu.

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Mustafa di Solok, Minggu, mengatakan Kemenag bersama Pemkot Solok berupaya untuk memajukan pendidikan keagamaan di Kota Solok.

Selain itu, kata dia, juga untuk memajukan pendidikan keagamaan. "Kami berupaya mengakomodasi regulasi di Kementerian Agama dalam pencairan honor tunjangan TPQ dan MDTA se-Kota Solok," ujarnya.

Menurut dia, selain mengelola bidang keagamaan, Kemenag Kota Solok juga mengelola bidang pendidikan. Untuk itu, kata dia, kerja sama dengan Pemkot Solok akan membuat semua bidang terayomi dan bisa dilaksanakan dengan baik.

Salah satu kebijakan Pemkot Solok melalui bagian kesra terkait pembayaran honor guru TPQ dan MDTA, Bagian Kesra akan membayarkan honor bagi guru TP dan MDTA jika lembaga tersebut sudah melaksanakan sinkronisasi data EMIS yang ditandai dengan rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama Kota Solok.

"Tentu hal ini merupakan salah satu bentuk pengakuan Pemkot Solok terhadap Education Management Information System (EMIS),” ujar Mustafa.

Selain itu, dalam memajukan dunia pendidikan keagamaan, Kemenag Kota Solok juga menghadiri pembukaan galaksi enam yang dilaksanakan MTsN Kota Solok.

Kegiatan galaksi enam dilaksanakan dalam rangka menggali prestasi, kreasi, dan seni dari siswa/i tingkat SD/MI dan SMP/MTs sederajat.

Kegiatan galaksi enam tersebut dilakukan untuk menunjukkan dan meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik bagi siswa/i tingkat SD/MI dan SMP/MTs sederajat yang mempunyai bakat dan potensi di bidang tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan juga dalam rangka memperkenalkan lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) ke seluruh peserta lomba yang terdiri atas siswa siswi SD/MI se-Kota dan Kabupaten Solok.

Adapun ajang lomba yang digelar di antaranya PBB, tahfiz, puisi islami, futsal. Kemudian untuk bidang akademik (IPA, IPS, matematika) dan shalat jenazah.