Berbagai harga kebutuhan pokok naik di Solok Selatan

id harga kebutuhan pokok naik di Solok Selatan,Berita solsel,Berita sumbar

Berbagai harga kebutuhan pokok naik di Solok Selatan

Pedagang ayam broiler sedang melayani pembeli di salah satu pasar di Kabupaten Solok Selatan.Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Harga berbagai kebutuhan pokok di Kabupaten Solok Selatan mengalami kenaikan harga menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan Joko Nugroho, di Padang Aro, Kami, mengatakan, Pemkab selalu melakukan pemantauan harga di tiga pasar di daerah itu dan menjelang masuk Ramdhan memang ada kebaikan harga beberapa kebutuhan pokok.

"Kenaikan harga bisa karena cuaca yang banyak hujan sehingga hasil panen petani berkurang dan berimbas stok di pedagang jadi sedikit," ujarnya.

Berdasarkan data pantauan pasar pada Rabu 28/2 di pasar Padang Aro harga bawang merah mencapai Rp27 ribu perkilogram naik dari Minggu sebelumnya yang hanya Rp25 ribu perkilogram

Sedangkan untuk cabai merah keriting sudah mencapai harga Rp75 ribu perkilogram naik Rp5 ribu dibanding Minggu sebelumnya.

Sedangkan untuk harga kentang berkisar Rp12 ribu-Rp14 ribu perkilogram dan tomat R14 ribu-Rp15 ribu dan harga kedua pangan ini sudah bertahan hampir satu bulan.

Sedangkan untuk jengkol turun menjadi Rp64 ribu-Rp70 ribu per gantang dimana Minggu sebelumnya sempat mencapai harga Rp100 ribu per gantang.

Dia menambahkan, Pemkab akan terus melakukan pemantauan harga berbagai pangan ini kalau terus naik maka akan di koordinasi dengan berbagai stakeholder.