Satpol PP Damkar Agam padamkan 68 kejadian kebakaran selama 2023

id Satpol PP Damkar Agam,Berita agam,Beriylta sumbar

Satpol PP Damkar Agam padamkan 68 kejadian kebakaran selama 2023

Petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP Damkar Agam memadamkan api di rumah salah seorang warga di daerah itu, Senin (15/1/2024). Antara/Altas Maulana. 

Lubukbasung (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan pemadaman api sebanyak 68 kejadian kebakaran di daerah itu sepanjang 2023

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Damkar Agam Syahrul M di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan ini berdasarkan rekapitulasi laporan kejadian kebakaran yang dihimpun Satpol PP Damkar Agam.

"Kita memiliki tujuh unit armada dengan lima posko dan 72 personil untuk memadamkan api tersebut," katanya.

Ia mengatakan total kerugian dari 68 kejadian itu mencapai Rp16,7 miliar dan kejadian kebakaran terbesar terjadi pada 12 Februari 2023.

Akibat kebakaran ini, kerugian harta ditaksir mencapai Rp10 miliar dan kerugian benda atau objek tercatat enam warung, dua unit motor dan 15 mobil.

“Kejadian ini terjadi di Banuhampu persisnya di Nagari Taluak IV Suku, Jorong Kapeh Panji. Minyak jadi penyebab kebakaran ini,” katanya.

Ia menambahkan, pada 13 Maret 2023 kebakaran yang menyebabkan kerugian besar kembali terjadi sebesar Rp1,7 miliar.

Kebakaran ini mengakibatkan satu bus ALS di Palupuh, Nagari Nan Limau, Jorong Sungai Baluka. Penyebabnya korsleting.

Kebakaran yang menyebabkan kerugian besar selanjutnya terjadi di Baso, Nagari Koto Baru, Jorong Kasiak pada 5 Agustus 2023. Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar dengan objek kerugian tiga unit rumah dan satu pelaminan.

Dari 68 kejadian kebakaran pada 2023, pihak Satpol PP dan Damkar Agam juga mencatat kejadian yang tidak menimbulkan kerugian materil.

“Ada sembilan kejadian yang kerugiannya Rp0. Objek atau benda yang terdampak seperti pohon di dekat rumah, rumpun bambu dan sambungan kabel listrik,” katanya.

Ia menambahkan Satpol PP Damkar Agam rutin menyosialisasikan kebakaran kepada masyarakat setiap ada kegiatan di kecamatan dalam mencegah kebakaran.

Selain itu, membagikan selebaran antisipasi kebakaran kepada masyarakat.