Pererat sinergitas, Polres Pasbar-media sepakat jaga kamtibmas

id Polres Pasbar,Berita pasbar,Berita sumbar

Pererat sinergitas, Polres Pasbar-media sepakat jaga kamtibmas

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan terkait upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Senin (12/2/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengajak media memberitakan kegiatan seputaran Pemilu 2024 yang menyejukkan dan mengedukasi masyarakat tentang keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Peran media sangat urgen dalam mempengaruhi pola pikir masyarakat. Mari bersama-sama menciptakan suasana yang adem dan positif," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto di hadapan insan media di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya pemberitaan yang disajikan adalah berita yang akurat, berimbang dan tidak hoak.

Ia menilai peran serta media dalam menjaga Kamtibmas sangatlah penting dan memiliki pengaruh diberbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang melakukan pengamanan distribusi logistik Pemilu 2024.

"Mari bersama-sama mengawal pesta demokrasi ini sesuai peran masing-masing. Kita ingin mewujudkan pemilu yang aman, tentram dan damai," ujarnya.

Polres Pasaman Barat menurunkan 295 personel untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 di 11 kecamatan yang ada.

Pengamanan juga dibantu oleh 60 personel Polda Sumatera Barat dan 30 orang atau satu pleton Brimob untuk memperkuat pengamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

"Secara personel dan sarana prasarana kita siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Ia menyebutkan pengamanan akan dilakukan di 1.286 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari jumlah itu 1.205 TPS dikatakan aman, sedangkan 81 TPS rawan dikarenakan jarak tempuh yang jauh ditambah akses sarana komunikasi yang sulit terjangkau.

Ia menegaskan kepada seluruh personel yang melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 untuk melaksanakan tugas pengamanan dengan baik dan jangan terlibat politik praktis.

Kemudian ia mengingatkan agar personel menghindari segala bentuk pelanggaran dalam pelaksanaan tugas.

"Selama pelaksanaan tugas pengamanan di TPS, seluruh personel agar selalu menjaga keamanan logistik pemilu yg menjadi tugas dan tanggung jawabnya" tegasnya.

Ia mengimbau kepada semua pihak agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan pemilu. ***2***