Polresta Padang kawal penyaluran 4.720 kotak suara Pemilu 2024

id Polri,Polisi,Pemilu,2024

Polresta Padang kawal penyaluran 4.720 kotak suara Pemilu 2024

Anggota Kepolisian Resor Kota Padang AKBP Ruly Indra Wijayanto memimpin pengawalan distribusi logistik pemilu dari gudang KPU Kota Padang, Sumbar, Senin (12/2/2024). ANTARA/Fathul Abdi

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat, mengawal kembali penyaluran logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berupa 4.720 kotak suara pada hari Senin.

Pejabat Sementara Kepala Seksi Humas Polresta Padang Ipda Yanti Delfina mengatakan bahwa pihaknya hari ini mengawal distribusi kotak suara itu ke empat kecamatan di Padang.

Ipda Yanti menyebut empat nama kecamatan itu, yakni Lubuk Kilangan, Pauh, Kuranji, dan Nanggalo dengan total 31 kelurahan dan tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 944.

Kegiatan itu mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin sore masih berlangsung karena logistik dari gudang KPU Kota Padang menggunakan truk dengan sistem bolak-balik.

"Setiap kali pergeseran logistik dari gudang KPU Padang ke kelurahan tujuan, langsung dikawal oleh personel Polresta Padang demi mengantisipasi berbagai bentuk gangguan atau kecurangan," kata Yanti.

Kegiatan pada hari ini, kata dia, berlangsung dengan aman dan kondusif tanpa ada kendala yang berarti hingga Senin sore.

Dengan penyaluran logistik itu, total kotak suara yang telah dipindahkan ke tingkat kelurahan hingga saat ini sebanyak 10.186 kotak.

Pada hari Minggu (11/2) kegiatan serupa juga telah dilaksanakan untuk lima kecamatan, yakni Padang Barat, Padang Utara, Padang Selatan, Padang Timur, dan Lubuk Begalung (Lubeg) dengan total 5.466 kotak suara.

Yanti mengatakan bahwa penyaluran logistik dari gudang KPU terakhir pada hari Selasa (13/2) untuk dua kecamatan yang tersisa di Padang, yaitu Bungus Teluk Kabung dan Koto Tangah.

Ia menyatakan bahwa pihaknya akan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman dan kondusif sesuai dengan arahan dari Kapolresta Padang Kombes Pol. Ferry Harahap.