Gubernur Sumbar mencoblos di TPS 12 Jati Baru

id TPS, Mahyeldi,TPS Gubernur Sumbar

Gubernur Sumbar mencoblos di TPS 12 Jati Baru

Gubernur Sumbar Mahyeldi menerima surat pemberitahuan pemilihan dari KPPS. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS 12 di Dinas Kesehatan Sumbar, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Lokasi TPS tersebut berdasarkan surat pemberitahuan atau formulir model C pemberitahuan yang telah disampaikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat.

"Saya sudah menerima surat pemberitahuan sebagai pemilih tetap dari petugas KPPS hari ini dan terdaftar di TPS 12, Kelurahan Jati Baru, Kota Padang," katanya di Padang, Minggu.

Ia mengatakan jika tidak ada kendala ia akan menggunakan hak pilihnya pada waktu yang telah dijadwalkan dalam surat pemberitahuan pemilih.

Ia juga mengimbau masyarakat yang telah memiliki hak pilih di Sumbar untuk menggunakannya pada 14 Februari 2024.

Hal itu untuk mendukung suksesnya Pemilu di Sumbar karena salah satu indikator sukses pesta demokrasi itu adalah jumlah partisipasi pemilih.

Berdasarkan ketentuan KPU, surat pemberitahuan itu akan dikirim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) paling lambat tiga hari sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan surat pemberitahuan memilih dari petugas KPPS, ia mengimbau agar segera melakukan konfirmasi kepada petugas KPPS daerahnya masing-masing.

Selain itu, sambung Gubernur, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan secara mandiri terkait status dirinya apakah sudah terdaftar sebagai daftar pemilih tetap atau belum dan untuk mengetahui lokasi TPS mereka mencoblos, melalui laman daring resmi KPU pada alamat cekdptonline.kpu.go.id.

"Fitur cekdptonline.kpu.go.id adalah kemudahan teknologi yg disiapkan KPU untuk pemilih mengakses dirinya terdaftar di TPS mana," katanya.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan Gubernur juga telah melakukan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu serentak 14 Februari 2024.*