Pj. Wako Padang Panjang : simulasi Pemilu berikan edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat

id Pj. Wako Padang Panjang,Pemilu 2024

Pj. Wako Padang Panjang : simulasi Pemilu berikan edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat

Pj. Wako Sonny. BP, menyaksikan langsung sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu yang di gelar KPU setempat.

Padang Panjang (ANTARA) - Penjabat Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, apresiasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu yang di gelar KPU Padang Panjang, Rabu (31/1) bertempat di auditorium Mifan Waterpark.

Menurut Sonny, simulasi ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman terhadap bagaimana caranya nanti agar masyarakat dapat memberikan hak suara mereka pada pemilu serentak nanti.

"Kegiatan ini merupakan representasi kejadian pemungutan suara sesungguhnya dan persiapan untuk menghadapi situasi riil dan kendala di lapangan pada pemilu nanti," kata dia usai menyaksikan simulasi tersebut.

Sonny, mengajak semua pihak untuk sama-sama mensukseskan Pesta Demokrasi 2024 dengan aman dan nyaman, lancar serta angka partisipasi masyarakat khususnya di Padang Panjang pada pemilu kali ini dapat lebih meningkat daripada sebelumnya.

Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri mengatakan, simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan, serta upaya untuk memastikan kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) jelang Pemilu 2024.

"Simulasi kali ini diikuti sebanyak 58 petugas PPK dan PPS se Kota Padang Panjang dan KPPS langsung terlibat sebagai masyarakat yang mempunyai hak pilih dan petugas di TPS. Simulasi juga menjadi bagian dari persiapan yang matang untuk pemungutan suara Pemilu 2024 dalam memastikan kecakapan pemantapan para petugas dalam melaksanakan tugas dan perannya masing-masing,” kata dia.

Puliandri berharap, para petugas yang terlibat, nantinya dapat melaksanakan tugas mereka dengan maksimal saat hari pemungutan suara. Pelaksanaan pemungutan pada 14 Februari 2024 akan dimulai pukul 07.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan surat suara.

"Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, kita harap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dipercaya masyarakat dan pelaksanaannya nanti semuanya bisa sesuai rencana dan berjalan aman, lancar dan kondusif,” harap dia.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Kapolres Padang Panjang, AKBP. Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, perwakilan Danramil, Kejaksaan, Rutan Kelas II B, kepala OPD terkait dan Bawaslu.