Pemkot Pariaman segera migrasi rekening bank ASN dari konvensional ke syariah

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman segera migrasi rekening bank ASN dari konvensional ke syariah

Penjabat Walikota Pariaman, Sumbar Roberia berfoto bersama saat rapat persiapan pembentukan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS). Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) segera mengeluarkan kebijakan migrasi rekening bank aparatur sipil negara (ASN) yang ada di daerah itu dari Bank Nagari konvensional ke Bank Nagari Syariah.

"Karena ASN Pemkot Pariaman mayoritas beragama Islam, saya sangat mensuport (mendukung) sekali migrasi pemindahan buku rekening gaji ASN dari konvensional ke syariah segera dilakukan," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan migrasi rekening bank tersebut mengadopsi pemindahan buku rekening gaji ASN yang dijalankan di ingkungan Pemerintahan Provinsi Sumbar.

Jika program ini diterapkan di Pariaman, lanjutnya maka daerah itu merupakan kota pertama yang menjalankan migrasi rekening bank dari konvensional ke syariah di Indonesia.

Kebijakan tersebut telah mulai dipersiapkan Pemkot Pariaman semenjak Desember 2023 dan rencananya akan direalisasikan Januari 2024.

Ia menyampaikan untuk menjalankan kebijakan tersebut Pemkot Pariaman telah melaksanakan rapat persiapan pembentukan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS).

"Saya minta kepada Bapak Muhammad Sobri sebagai Wakil Direktur Eksekutif KDEKS Provinsi Sumbar untuk segera melakukan bimbingan teknis kepada pejabat di Pariaman serta akademisi pendidikan yang berdomisili di Pariaman agar program ini bisa berjalan sepenuhnya," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Sobri mengatakan untuk memajukan ekonomi syariah yang ada di Pariaman ini memang perlu memilih SDM yang berkualitas dan paham tentang program ini sekaligus bisa mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Suksesnya Kota Pariaman nanti dalam menjalankan program ini akan menjadi motivasi besar bagi kami di Provinsi Sumbar untuk mendorong lajunya gerakan ekonomi syariah khususnya melalui pemindahan gaji ASN," katanya.