Wako Solok harapkan kinerja ASN semakin membaik pada tahun 2024

id Wako Solok, harapkan, kinerja ASN, semakin membaik, pada tahun 2024,Solok

Wako Solok harapkan kinerja ASN semakin membaik pada tahun 2024

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat mempimpin rapat bersama OPD di lingkup pemerintah daerah setempat. (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian Umar mengharapkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan daerah setempat semakin kompak dan membaik selama tahun 2024 ini.

Menurut Zul Elfian di Solok, Jumat, sebagai abdi negara, ASN harus memiliki sikap disiplin yang tinggi, karena salah satu tugas utama ASN adalah menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat dan kunci dari tercapainya pelayanan prima kepada masyarakat adalah kedisiplinan.

Tahun baru 2024, diharapkan kesiapan ASN dalam menjalankan tugas. Artinya, pada tahun baru diharapkan konsolidasi kemudian dilanjutkan di lingkungan OPD masing-masing.

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh perangkat daerah, para ASN, karyawan dan karyawati atas dedikasi dan kinerja selama tahun 2023 lalu," ucap dia.

Banyak kemajuan positif di berbagai bidang yang telah dicapai. Itu semua harus dijadikan motivasi ke depan untuk memperoleh capaian yang lebih progresif agar mendekati arah tujuan pembangunan Kota Solok.

"Mari kita mulai tahun 2024 ini dengan semangat baru, agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi, dan percepatan pelaksanaan pembangunan bisa kita lakukan bersama dengan cepat dan tepat sasaran.

Ia meminta kerja sama yang baik kepada seluruh OPD dan ASN. Serta berharap semoga di 2024 ini bisa mewujudkan seluruh mimpi demi Kota Solok yang jauh lebih baik lagi. Hal ini tentu saja tidak akan terwujud jika hanya dikerjakan sendiri oleh wali kota.

"Alhamdulillah, pada tahun 2023 kita berhasil mendapatkan banyak penghargaan," kata dia.

Ia menyebutkan beberapa di antaranya, penghargaan Swastisaba Wiwerda dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, penghargaan anugerah meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), penghargaan anugerah Innovative Government Award (Iga) tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri kepada pemerintah Kota Solok, penghargaan kota peduli hak asasi manusia (HAM).

Lebih lanjut, penghargaan dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kota Solok sebagai Penerima Penghargaan Daerah Tertib Ukur Tahun 2023, penghargaan atas Partisipasi pada Kegiatan Adhikarya Pangan Nusantara Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. Walikota Solok memperoleh apresiasi kategori Pembina Ketahanan Pangan Terbaik Kepala Daerah Kriteria Peduli Keamanan Pangan.

Penghargaan dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia sebagai Instansi Terbaik dalam memanfaatkan Layanan Pusat Data Nasional Tingkat Pemerintah Kota Tahun 2023.

Penghargaan dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia sebagai Instansi Terbaik Kedua Dalam Instansi Teraktif dalam Pendaftaran PSE Lingkup Publik Tingkat Pemerintah Kota Tahun 2023.

Penghargaan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat sebagai Pemerintah Daerah Terbaik 5 dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023 di Provinsi Sumatera Barat.

"Semoga apa yang telah berhasil kita raih di tahun 2023 tidak menjadikan kita sombong dan angkuh, namun menjadi cambuk bagi kita untuk lebih baik lagi ke depannya," ujar dia.

Selain itu, ia berharap semoga di tahun 2024 semakin banyak penghargaan yang berhasil dipanen di Kota Solok Serambi Madinah ini.

"Dalam MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat ke-40 di Kabupaten Solok Selatan beberapa waktu lalu, kafilah Kota Solok juga berhasil meraih juara enam. Ini merupakan sebuah prestasi bagus dan semoga ke depan bisa ditingkatkan lagi," ucap dia.*