Pemkot Pariaman PAD sektor pariwisata 2023 capai Rp850 juta

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman

Pemkot Pariaman PAD sektor pariwisata 2023 capai Rp850 juta

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi. ANTARA/Aadiaat M. S.

Par (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mencatat pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada 2023 mencapai Rp850 juta atau mengalami kenaikan sekitar Rp614 juta dari 2022 yang hanya sekitar Rp235,7 juta.

"Naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Maka pada tahun 2024 harus ditingkatkan lagi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan peningkatan PAD tersebut seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Pariaman sepanjang 2023.

Pada 2023 kunjungan wisatawan ke daerah itu mencapai 2.237.674 orang sedangkan pada 2022 kunjungan wisatawan mencapai 2.136.782 orang.

Menurutnya peningkatan kunjungan tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya kegiatan wisata yang dilaksanakan oleh Pemkot Pariaman. Setidaknya ada 26 kegiatan wisata yang dilaksanakan pada 2023.

Ia menyebutkan objek wisata di Pariaman yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Gandoriah lalu disusul dengan objek wisata lainnya yakni Pantai Kata, Talao Pauh dan Pantai Cermin.

Ia menyampaikan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pariaman dengan meningkatkan promosi wisata dan memperkuat sinergitas antar pemangku berkepentingan di daerah itu.

Selain itu, lanjutnya pihaknya akan memperkuat kerjasama dengan agen travel serta pengelola hotel dan penginapan.

Ia menambahkan Pemkot Pariaman juga akan membenahi sarana dan prasarana wisata, mengembangkan pariwisata lokal dengan melibatkan aktif seluruh komunitas, membuat destinasi wisata yang baru, dan memperbaiki pelayanan kepada wisatawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menyebutkan perputaran uang di daerah itu sepanjang 2023 dari sektor pariwisata mencapai Rp220 miliar.

"Kunjungan wisatawan sepanjang 2023 diperkirakan sekitar 2,2 juta orang, masing-masing wisatawan mengeluarkan uang sampai Rp229 ribu. Namun tentu ada yang belanja di bawah angka itu," kata Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Ia mengatakan besaran pengeluaran dari wisatawan tersebut berdasarkan hasil penelitian salah satu perguruan tinggi di Sumbar yang menjalin kerjasama dengan Pemkot Pariaman.

Untuk menghitung perputaran uang tersebut, lanjutnya pihaknya mengambil standar belanja wisatawan di daerah itu sekitar Rp100 ribu per orang sehingga perputaran uang sepanjang 2023 mencapai Rp220 miliar.