Pemkab Pasaman Barat kunjungi sejumlah panti asuhan dan pondok pesantren

id Pemkab Pasaman Barat ,berita pasbar,berita sumbar

Pemkab Pasaman Barat kunjungi sejumlah panti asuhan dan pondok pesantren

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto (tengah) saat mengunjungi LKSA Alin Tagak dalam rangka silaturrahmi memperingati HUT Pasaman Barat kr-20. Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengunjungi sejumlah panti asuhan, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan pondok pesantren dalam rangka memperhatikan pendidikan mereka dan rangkaian Hari Ulang Tahun daerah setempat ke-20 tahun 2024.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Jumat, mengatakan kunjungan itu dalam rangka bersilaturahmi memperingati hari jadi Pasaman Barat.

Menurutnya tim dibagi menjadi tiga diantaranya tim satu dengan tujuan ke Siduampan Kecamatan Ranah Batahan, tim dua Alin Tagak dan tim tiga ke Talu Kecamatan Talamau.

Ia menyebutkan pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan.

Semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak, mutu dan kualitas yang baik. Untuk itu, Pemkab Pasaman Barat turut fokus meningkatkan sumber daya manusia dan mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan.

Ia berharap pantai asuhan dan pondok pesantren dapat menuntut ilmu dengan semangat dan fokus agar menjadi kebanggaan bangsa dan negara terutama orang tua.

Pemkab Pasaman Barat juga menuangkan keinginan mencerdaskan anak-anak melalui program diantaranya sekolah bebas pungutan, reward atau penghargaan siswa berprestasi, magrib mengaji serta mewajibkan program Tahfidz Alquran di setiap sekolah, pondok pesantren, SD dan SMP.

Pihaknya juga menyerahkan bantuan sembako berupa beras, gula, teh, makanan siap saji dan lainnya dari Dinas Sosial, bantuan uang dari Baznas serta bantuan dana.

Pimpinan LKSA Alin Tagak Afrinal mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto beserta rombongan.

Ia menyebutkan Pemkab Pasaman Barat terus memperhatikan pondok pesantren agar tetap memberikan pembinaan dan bantuan secara berkala.

Sementara itu Asisten I Setia Bakti yang mengunjungi Pondok Pesantren Darul Fikri Siduampan, Nagari Batahan Selatan, Kecamatan Ranah Batahan mengatakan agar para santri untuk memiliki semangat tinggi dalam menimba ilmu.

"Karena ke depan generasi-generasi muda ini lah yang nanti akan melanjutkan estafet kepemimpinan Pasaman Barat.

Anjangsana ini merupakan ajang silaturahmi dan bentuk kebersamaan mengembangkan kehidupan beragama," katanya. ***3***