BPH Migas pastikan pasokan BBM aman hingga tahun baru 2024

id pasokan bbm

BPH Migas pastikan pasokan BBM aman hingga tahun baru 2024

Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas saat menyambangi Fuel Terminal Makassar, Sulsel, Selasa (26/12/2023), untuk memastikan ketersediaan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman selama Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024. ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan ketersediaan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam kondisi aman hingga Tahun Baru 2024.

"Stok BBM untuk wilayah Makassar cukup aman. Akan ada penambahan pasokan dari wilayah lainnya. Namun demikian, perlu dilakukan antisipasi cuaca di laut yang dapat mengganggu pengiriman BBM," kata Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas saat menyambangi Fuel Terminal Makassar, Sulsel, Selasa (26/12/2023), sebagaimana dikutip dari rilis BPH Migas di Jakarta, Jumat.

Wahyudi bersama Anggota Komite BPH Migas lainnya, Iwan Prasetya Adhi mengunjungi Makassar selama Senin-Rabu (25-27/12/2023).

Baca juga: BPH Migas-Pertamina pastikan pasokan BBM di Lampung aman

Menurut Wahyudi, selama libur Natal-tahun baru, terjadi peningkatan kebutuhan BBM. Kenaikan itu telah diantisipasi PT Pertamina Patra Niaga Wilayah Sulawesi dengan menyiagakan sejumlah layanan tambahan seperti 21 unit motoris atau layanan pesan dan antar BBM dan LPG.

Selanjutnya, terdapat 186 SPBU serta 352 agen dan pangkalan LPG siaga 24 jam di wilayah yang diproyeksikan terjadi peningkatan kebutuhan energi yang tinggi dan ditambah menyiagakan tujuh mobil tangki di SPBU rawan kemacetan.

"Apresiasi untuk Pertamina wilayah Makassar yang terus berjibaku memenuhi kebutuhan BBM untuk masyarakat. Semoga hingga akhir tahun pemenuhan BBM dan pelayanan ke masyarakat tidak terkendala," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wahyudi juga meminta Pertamina terus melakukan sosialisasi ke SPBU-SPBU terkait peraturan BPH Migas dan meningkatkan pengawasan agar BBM subsidi tepat sasaran.

Anggota Komite BPH Migas Iwan Prasetya Adhi saat menyambangi Fuel Terminal Makassar, Sulsel, Selasa (26/12/2023), untuk memastikan ketersediaan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman selama Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024. ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Iwan Prasetya Adhi menyampaikan situasi Natal-tahun baru ini berbeda dari sebelumnya karena berdekatan waktunya dengan masa kampanye, Ramadhan, serta Hari Raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang lebih baik agar pasokan BBM dapat berjalan lancar.

Baca juga: BPH Migas dukung kelancaran layanan BBM transportasi laut

Iwan mengatakan Sulawesi Selatan saat ini juga menjadi salah satu daerah tujuan mudik masyarakat, yang harus menjadi perhatian Pertamina dalam memenuhi kebutuhan BBM-nya.

Mengenai pengawasan pendistribusian BBM subsidi, ia pun meminta SPBU tidak segan melaporkannya ke BPH Migas.

"Laporkan saja ke kami kalau ditemukan penyimpangan. Selanjutnya, akan ditindaklanjuti oleh aparat berwenang," imbuh Iwan.

Sementara itu, GM Pertamina Patra Niaga Wilayah MOR VII Sulawesi Selatan Erwin Dwyanto mengungkapkan pihaknya berupaya maksimal memenuhi kebutuhan BBM selama Natal-tahun baru dan memantau langsung keberlangsungan operasional dan pelayanan di terminal bahan bakar hingga lembaga penyalur.

Untuk meningkatkan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi, menurut dia, pihaknya bekerja sama dengan aparat penegak hukum.

Selain mengunjungi Fuel Terminal Makassar, BPH Migas juga melakukan pemantauan di dua SPBU pada Senin (25/12/2023), satu SPBU pada Selasa (26/12/2023), dan kantor PLN Makassar pada Rabu (27/12/2023).

Baca juga: BPH Migas minta badan usaha tambah pasokan BBM di jalur nontol

Wahyudi dan Iwan melakukan pemantauan ke kantor PLN Makassar untuk memastikan kondisi kelistrikan wilayah Sulawesi bagian selatan (Sulbagsel).

Dari hasil monitoring, didapati bahwa sistem distribusi kelistrikan Sulbagsel saat Natal-tahun baru dalam kondisi aman terkendali.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPH Migas pastikan pasokan BBM aman hingga tahun baru