BMKG: Waspadai hujan petir di jalur transportasi darat saat libur Natal

id bmkg

BMKG: Waspadai hujan petir di jalur transportasi darat saat libur Natal

BMKG mengumumkan peta sebaran angin di Indonesia pada Jumat (29/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di sejumlah jalur transportasi darat libur Natal dan Tahun Baru 2024 pada Jumat.

"Untuk jalur transportasi darat di Pulau Sumatera diperkirakan berawan atau hujan ringan," kata Prakirawan BMKG Cindy Indah Pratiwi diikuti dalam jaringan (daring) InfoBMKG di Jakarta.

BMKG mengimbau pengguna jalur darat di lintasan Aceh untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir pada siang, sore, dan malam.

Potensi serupa juga berpeluang melanda wilayah Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan.

Sementara untuk Pulau Jawa kondisi cuaca secara umum diprakirakan berawan hingga hujan ringan.

Cindy mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai petir pada sore dan malam hari untuk jalur di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Prakiraan cuaca di wilayah Bali dan Nusa Tenggara secara umum diprakirakan berawan hingga. Terdapat potensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Untuk wilayah Pulau Kalimantan kondisi cuaca diperkirakan berawan hingga hujan ringan," katanya.

Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir pada sore dan malam hari untuk wilayah Kalimantan Barat.

Selanjutnya untuk wilayah Sulawesi secara umum diprakirakan cerah hingga hujan ringan.

"Waspadai hujan disertai petir pada sore hari di wilayah Sulawesi Tengah," katanya.

Prakiraan cuaca di wilayah Maluku Utara secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Waspadai hujan disertai petir pada sore hari di wilayah Maluku.

"Terakhir untuk wilayah Papua dan Papua Barat umumnya diprakirakan berawan, sementara potensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Papua," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai hujan petir di jalur transportasi darat libur Natal