Bank sampah induk tingkatkan pengelolaan sampah di Tanah Datar

id Bank sampah tanah datar,Bupati Tanah Datar Eka Putra ,Berita tanah datar,Berita sumbar

Bank sampah induk tingkatkan pengelolaan sampah di Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat meninjau bank sampah induk beberapa waktu lalu (Antara/HO) 

Batusangkar (ANTARA) - Keberadaan bank sampah induk di Kabupaten Tanah Datar diharapkan bisa meningkatkan pengelolaan sampah di daerah tersebut.

"Kita harapkan dengan telah dibentuknya bank sampah induk ini bisa meningkatkan kinerja pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Datar, sehingga kualitas lingkungan juga meningkat dan menghindari pencemaran lingkungan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (Perkim LH) Nofi Hendri di Batusangkar Minggu.

Dia menjelaskan, pembangunan bank sampah induk dan sarana prasarananya adalah salah satu kegiatan pemerintahan pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan bidang lingkungan hidup sub bidang lingkungan hidup tematik penguatan destinasi pariwisata prioritas.

Pembangunan bank sampah induk beserta sarana pendukung seperti mesin press hidrolik, becak motor, timbangan digital, laptop dan printer adalah dengan mengedepankan prinsip 3R (Reduce, Reus dan Recycle).

Yang tujuannya juga sebagai sarana edukasi dalam pengelolaan sampah bagi sebanyak 28 unit bank sampah di Kabupaten Tanah Datar.

Dia juga mengatakan meskipun telah dibentuknya bank sampah induk diharapkan juga kesadaran masyarakat dalam memilah sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.