Padang pindahkan Mal Pelayanan Publik untuk mudahkan masyarakat

id Mal pelayanan publik, mpp Padang

Padang pindahkan Mal Pelayanan Publik untuk mudahkan masyarakat

Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan pemindahan Mal Pelayanan Publik Kota Padang, Selasa, (19/12/2023). Antara/Humas Pemko Padang.

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memindahkan Mal Pelayanan Publik dari Pasar Raya Kota Padang ke Plaza Andalas guna memudahkan masyarakat mengurus berbagai kepentingan.

"Pemindahan Mall Pelayanan Publik Kota Padang ke Plaza Andalas ini mengikuti tren di kota-kota besar lainnya yang mayoritas berada di lokasi-lokasi strategis," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Selasa.

Hendri Septa mengatakan pemindahan Mal Pelayanan Publik tersebut sejalan dengan janji pemerintah daerah kepada Kementerian PAN RB pada 2018. Saat itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merekomendasikan relokasi Mal Pelayanan Publik Kota Padang ke lokasi yang lebih mudah diakses.

"Alhamdulillah walaupun sempat tertunda karena pandemi, pada penghujung tahun 2023 ini janji ke Kemenpan RB bisa dipenuhi," kata dia.

Dengan pemindahan lokasi mal pelayanan publik tersebut, walikota berharap semakin memberikan kemudahan bagi warga Kota Padang dalam mendapatkan pelayanan publik yang dibutuhkan.

"Dengan pemindahan mal pelayanan publik ini diharapkan bisa mempermudah akses warga terhadap pelayanan publik yang dibutuhkan. Kemudian semakin banyak warga yang memanfaatkan kemudahan layanan yang kami berikan ini," harap Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Padang

Swesti Fanloni menambahkan Mall Pelayanan Publik Kota Padang ditujukan untuk menjadi one stop public service bagi warga kota itu.

"Jadi nanti di mal pelayanan publik ini akan ada loket-loket pengurusan kebutuhan publik sesuai dengan OPD yang berwenang," kata dia.

Misalnya, pelayanan kependudukan dan catatan sipil, pelayanan perizinan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPJS, Samsat, Bapenda Kota Padang dan lain sebagainya.