Ketua DPRD Sumbar tegaskan sumbangsih relawan tidak perlu diragukan

id supardi

Ketua DPRD Sumbar tegaskan sumbangsih relawan tidak perlu diragukan

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi. (Antara/HO-Humas DPRD).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi menegaskan sumbangsih para relawan termasuk personel Palang Merah Indonesia dalam melakukan misi kemanusiaan tidak perlu diragukan.

"Relawan PMI memiliki peran yang sangat vital dalam melaksanakan mandat PMI sesuai ketentuan perundangan, sumbangsih relawan sudah tidak diragukan lagi," kata Ketua DPRD Sumbar Supardi di Padang, Sabtu (16).

Berbagai macam layanan kemanusiaan baik dalam situasi darurat ataupun normal dengan skala kecil ataupun besar, kiprah PMI yang dilaksanakan oleh relawan PMI bersama masyarakat sudah terlihat nyata.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumbar Supardi saat membuka secara resmi pelatihan gabungan PMI Se-Sumatera Barat di Lapangan Beton Agamjua, Kota Payakumbuh.

Supardi mengatakan PMI merupakan sebuah organisasi yang memiliki tugas yang sangat kompleks, sehingga begitu banyak kegiatan dan layanan yang bisa dilakukan PMI. Hal ini tidak terlepas dari undang-undang yang memayungi PMI yaitu Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

"PMI memiliki tugas-tugas yang cukup berat, karena harus dilaksanakan secara cepat dan terkoordinir, terutama dalam memberikan bantuan-bantuan kemanusiaan pada saat terjadinya bencana. PMI ini menjalankan tugas tidak terlepas dari komponen-komponen yang ada di PMI, mulai dari pengurus, pegawai dan relawan" ujar Supardi.

Supardi juga menyampaikan apresiasi kepada para relawan dan masyarakat atas evakuasi korban erupsi gunung merapi beberapa waktu lalu. Atas nama DPRD Sumbar menyampaikan turut berduka yang dalam atas musibah yang terjadi dan kepada keluarga korban semoga dapat tabah dan sabar.

"Kita pujikan dan apresiasi keikhlasan beberapa relawan evakuasi korban erupsi Gunung Marapi yang cukup viral di media. Tommy, Andika, Pak Naro Kancia, Uda Emon, dan warga sekitarnya serta relawan PMI Sumbar. Kepedulian dan membantu korban merupakan nilai-nilai kemanusiaan yang baik serta jadi amalan dunia dan akhirat," kata dia.

Guna menjaga kapasitas dan pengetahuan para relawan PMI, Supardi mengatakan diperlukan latihan-latihan yang terus menerus.

"Saat ini, kita berkumpul di sini, para relawan PMI Se-Sumatera Barat melakukan latihan secara bersama-sama untuk merefresh kembali keterampilan dan pengetahuan untuk menjaga agar layanan yang akan diberikan ke masyarakat, memiliki kualitas yang baik.

Sementara itu, Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan PMI dan Bulan Sabit Merah merupakan organisasi kemanusiaan yang diakui dunia internasional dalam segala aktivitasnya memberikan pertolongan kepada korban perang, dan korban bencana dan lain-lain sebagainya.

"PMI memiliki peran penting dalam memberikan bantuan darurat, kesehatan, pendidikan kesehatan, serta dukungan sosial di Indonesia. Organisasi ini banyak terlibat dalam penanganan bencana alam, pertolongan pertama, donor darah, dan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," ujar Aristo.

Aristo menegaskan tugas utama PMI adalah memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam aspek sosial dan kemanusiaan. Fokus utama organisasi ini adalah pada kegiatan-kegiatan kepalangmerahan yang melibatkan persiapan dan respons terhadap bencana, pelatihan pertolongan pertama bagi relawan, serta penyediaan layanan kesehatan dan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.