Mobil hibah DKI Jakarta perkuat Damkar Pariaman

id Damkar Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Mobil hibah DKI Jakarta perkuat Damkar Pariaman

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Alfian (kiri) bersalaman dengan Pj wako Pariaman Roberia saat penyerahan mobil Damkar. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Mobil pemadam kebakaran (Damkar) hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat dapat memperkuat Damkar di kota tersebut dalam memadamkan api ketika terjadi kebakaran.

“Alhamadulillah, dengan mendapat satu unit mobil Damkar dari DKI Jakarta maka Pemkot Pariaman saat ini memiliki tujuh unit armada pemadam kebakaran. Hal ini tentu kita akan manfaatkan dengan sebaiknya,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Rabu.

Mobil damkar dengan kapasitas air 10 ribu liter tersebut dihibahkan awal 2023 namun harus menjalani perbaikan sehingga baru bisa dijemput pada Jumat (8/12) dan diserahkan dari Penjabat Wali Kota Pariaman kepada organisasi perangkat daerah terkait pada Senin (11/12).

Alfian mengatakan karena mobil tersebut telah berada di Pariaman dan diserahkan kepada dinas itu maka secara tidak langsung sudah dapat digunakan untuk memadamkan api.

"Secara resmi sudah bisa kita operasionalkan. Namun saat ini, kita masih berdayakan mobil damkar yang ada dulu. Sementara untuk kelengkapan mobil hibah Damkar tersebut segera kita lakukan," katanya.

Karena mobil damkar tersebut dapat menampung banyak air maka rencananya tidak saja digunakan untuk memadamkan api namun juga sebagai suplai mobil damkar lainnya yang ada di daerah itu.

Damkar Pariaman tidak saja bertugas memadamkan api di kota tersebut namun juga kabupaten dan kota yang ada di provinsi setempat sehingga dengan adanya penambahan armada maka dapat membantu memperkuat kinerja dari organisasi perangkat daerah itu dalam bertugas.

Diketahui pada 2022 jumlah kebakaran di Pariaman mencapai 89 kejadian yang sebagian besar disebabkan oleh korsleting listrik dan pembakaran sampah.

Organisasi perangkat daerah itu tersebut terus berupaya menurunkan kejadian kebakaran di daerah itu dengan meningkatkan sosialisasi kepada warga setempat.

Sebelumnya, Kota Pariaman, Sumatera Barat akan memperoleh hibah mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang penyerahannya ditargetkan pada Oktober 2022, namun sebelum dioperasionalkan kendaraan tersebut kini tengah diperbaiki.

"Administrasinya sudah selesai, namun sebelum dibawa ke Pariaman mobil Damkar tersebut kami perbaiki dulu dengan anggaran sekitar Rp200 juta," kata Kepala Dinas Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pariaman Alfian di Pariaman.

Mobil Damkar dengan kapasitas 10 ribu liter air itu sebelumnya sudah lama tidak dioperasikan oleh petugas Damkar Pemprov DKI Jakarta sehingga sebelum dibawa dan digunakan di Pariaman harus dilakukan perbaikan.