KPU Dharmasraya rekrut 4.951 KPPS pemilu 2024

id KPU Dharmasraya,KPPS Pemilu 2024

KPU Dharmasraya rekrut 4.951 KPPS pemilu 2024

Komisioner KPU Dharmasraya Hanna Citra Utami TB (kanan). (Antara/HO-KPU Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan merekrut sebanyak 4.951 Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilihan umum tahun 2024.

Komisioner KPU Dharmasraya, Hanna Citra Utami TB, di Pulau Punjung, Senin, mengatakan, pengumuman pendaftaran secara resmi telah dimulai hari ini.

"Ada beberapa tahapan jadwal pembentukan KPPS, pengumuman pendaftaran dimulai 11 Desember, dilanjutkan penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi dan pengumuman hasil penelitian administrasi pada 23-25 Desember, sedangkan pelantikan 25 Januari 2024," katanya.

Ia menjelaskan setelah tahapan pengumuman hasil penelitian administrasi, tahap berikutnya ialah seperti tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota KPPS, pengumuman hasil seleksi, penetapan dan pelantikan calon anggota KPPS.

Ia mengajak kalangan muda dapat berperan sebagai anggota KPPS pada pelaksanaan pemilu 2024 dengan mendaftar sebagai calon anggota KPPS Pemilu 2024 di masing-masing nagari.

Kenapa kalangan muda, lanjut dia belajar dari pengalaman pemilu 2019 lalu banyak penyelenggara pemilu (petugas KPPS) yang jatuh sakit karena faktor kelelahan dan faktor usia.

“Kami berharap kalangan muda ambil peran lebih dengan menjadi anggota KPPS maupun dalam menyebarkan informasi terkait KPPS, namun semuanya tetap memiliki kesempatan yang sama sepanjang memenuhi ketentuan," ungka dia.

KPU Dharmasraya akan memastikan mengontrol seluruh tahapan-tahapan yang diselenggarakan oleh PPS terkait rekrutan anggota KPPS tersebut, lanjut dia.

"Rekrutmen anggota KPPS ini kita minta minta kepada rekan-rekan PPS benar-benar memilih dan merekrut orang-orang yang mempunyai kompetensi dan kapasitas. Sebab, KPPS merupakan ujung tombak utama bagi seluruh tahapan tahapan yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan 4.951 KPPS akan akan ditempatkan di 698 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024. Petugas itu akan ditempatkan masing-masing tujuh orang di setiap TPS yang tersebar di 11 kecamatan dan 52 nagari atau desa.

Ia menambahkan pada Pemilu serentak 2024 KPU Dharmasraya menetapkan Lokasi pemungutan suara berjumlah 693 TPS. Sedangkan jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 166.987 suara dengan pemilih laki-laki 84.064dan pemilih perempuan 82.923.