Muhaimin Iskandar pastikan AMIN tidak lanjutkan food estate

id cak imin, food estate, pilpres 2024, timnas amin

Muhaimin Iskandar pastikan AMIN tidak lanjutkan food estate

Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar (kemeja putih) saat diwawancarai wartawan terkait program food estate, di Padang, Senin, (4/12/2023). ANTARA/HO-Humas Unand.

Padang (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau yang kerap disapa Cak Imin memastikan program ketahanan pangan berupa food estate atau lumbung pangan tidak akan dilanjutkan apabila pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar terpilih pada Pilpres 2024.

"Sudah pasti tidak akan dilanjutkan (food estate)," kata Muhaimin, usai bedah visi misi dan uji gagasan capres dan cawapres RI 2024 yang diselenggarakan BEM KM Universitas Andalas, Sumatra Barat, di Padang, Senin.

Alasannya, kata dia, program ketahanan pangan tersebut terbukti gagal serta tidak terencana dengan baik. Atas dasar dua hal itu, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 memastikan tidak akan melanjutkannya jika terpilih pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Wakil Ketua DPR RI tersebut menjelaskan sejumlah indikator kegagalan food estate. Pertama, program lumbung pangan itu sudah tidak berproduksi dan justru menimbulkan deforestasi.

"Jadi, food estate tersebut sudah mengganggu hutan kita," ujarnya menegaskan.

Sebaliknya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menilai program food estate atau lumbung pangan harus dilanjutkan untuk mendukung strategi intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Menurut dia, jika dikelola dalam skala besar dan didukung dengan pengelolaan pertanian yang modern, diyakini program food estate akan berhasil.

Sebagai salah satu kebijakan yang masuk dalam Program Strategis Nasional 2020-2024, program food estate bertujuan untuk mengembangkan sejumlah komoditas yaitu cabai, padi, singkong, jagung, kacang tanah, dan kentang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Muhaimin Iskandar pastikan AMIN tidak lanjutkan food estate