UIN Imam Bonjol gandeng alumni menuju kampus unggul

id Iluni UIN Imam Bonjol Padang, Kampus Unggul

UIN Imam Bonjol gandeng alumni menuju kampus unggul

Foto bersama puluhan Alumni UIN Imam Bonjol usai acara dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Welhendri Azwar, M.Si,. Ph.D. (ANTARA/HO-Panpel)

Padang (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat menggandeng para alumni lintas angkatan untuk menuju kampus unggul pada 2037.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Imam Bonjol Bertajuk "Alumni Back to Campus. Memperkokoh Kebersamaan, Kolaborasi Menuju Kampus Unggul 2023", digelar disalahsatu hotel di Padang, mulai pada 1-3 Desember 2023.

Ketua Harian PP Iluni UIN Imam Bonjol Padang M.Rifki, M.Ag menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan bertujuan membangun jembatan hati dan perkokoh kebersamaan.

Melalui kegiatan ini diharapkan kerja sama antara pihak kampus dengan alumni bisa bersinergitas dalam mendukung kemajuan almamater ke depan.

Apalagi, kata Rifki, pihak kampus juga sudah membuka ruang untuk para alumni turut berperan lebih maksimal lagi.

"Rektor telah memberi salah satu ruangan gedung di kampus II dan kampus III yang berada di Sungai Bangek untuk sekretariat Iluni UIN, tinggal bagaimana pemanfaatan untuk kegiatan organisasi Iluni,"ungkapnya.

Selain itu, tambah dia, PP Iluni juga sudah membentuk Yayasan yang kini telah memiliki badan hukum, dan rencana mendatang akan membangun sekolah Madrasyah Aliyah di sejumlah Gedung Kampus II di Lubuk Lintah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Welhendri Azwar, M.Si,. Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan pertemuan ini digagas karena kampus punya kepentingan terhadap kontribusi para alumni sesuai cita-cita menuju kampus unggul 2037.

Menurut dia, potensi pengalaman dan pikiran yang dimiliki para alumni tentu sangat berarti bagi kemajuan kampus di masa mendatang.

"Ke depan diharapkan tidak hanya unggul di aspek akreditasi tetapi juga harus unggul dalam sisi citra sebagai perguruan tinggi Islam. Maka masukan dan sumbang saran dari alumni sangat dinantikan," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Welhendri juga menyampaikan beberapa sejumlah perkembangan UIN Imam Bonjol, di antara pemanfaatan aset gedung kampus I di Jalan Jend.Sudirman Padang disiapkan untuk perhotelan.

Sedangkan yang sejumlah gedung di Kampus II Lubuk Lintah, dibangun sekolah tingkat Madrasyah dan Aliyah oleh Yayasan Iluni.

"Kami juga memberi kesempatan pada alumni UIN yang sudah banyak sukses diberbagai bidang di luar kampus. Mana tau ada yang ingin turut dalam pengembangan perhotelan,"ujarnya.

Sekjen PP Iluni, Dr. Abdullah Khusairi, MA di tempat terpisah menyambut baik program ini. Juga ikut menyaring pengurus Iluni yang punya kesempatan hadir. "Kita saring satu persatu yang ingin ikut. Banyak juga yang menyatakan tidak bisa. Alumni kita sudah ribuan, yang punya kesempatan sangat sedikit. Namun keterwakilan daerah, di Sumbar, Riau, Jakarta, Batam, sudah ada," tuturnya.*