Bupati Tanah Datar kunjungi otorita ibukota nusantara

id Bupati Tanah Datar ,berita sumbar

Bupati Tanah Datar kunjungi otorita ibukota nusantara

Bupati Tanah Datar Eka Putra (tengah) foto bersama dengan Forkopimda di Ibu Kota Negara (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat kunjungi otorita Ibu Kota Negara (IKN) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa, (28/11).

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut langsung oleh Deputi Otorita IKN Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin.

Alimuddin mengatakan, bahwa saat pembangunan IKN sedang memasuki tahap yang sulit dengan berkembangnya dinamika politik di tanah air.

"Saat ini kami sedang menyiapkan mindset masyarakat lokal untuk ikut andil dalam pembangunan IKN, karena kami masyarakat daerah juga menyiapkan diri mereka agar kelak masyarakat disini tidak hanya menjadi penonton, namun mereka ada dan memiliki perannya masing-masing," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Alimuddin menjelaskan bahwa salah satu upaya Otorita IKN yang sedang dilakukan adalah memperbaiki kurikulum pendidikan anak-anak di Kalimantan, termasuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan guru penggerak.

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa kehadirannya bersama forkopimda dan rombongan lainnya ke Otorita IKN adalah sebuah bentuk dukungan oleh Pemda Tanah Datar.

"Atas nama Pemerintah Daerah tentunya kami harus mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara disini. Dan ini kami buktikan dengan langsung hadir disini hari ini bersama seluruh Forkopimda," ujarnya.

Di kesempatan itu, Bupati juga memperkenalkan sekilas tentang potensi kabupaten Tanah Datar yang merupakan pusat peradaban orang Minangkabau.

Setelah melakukan pertemuan dengan Deputi Otorita IKN, Bupati dan rombongan juga menyempatkan waktu untuk melihat langsung proses pembangunan IKN di lokasi.