Unand sambangi Osaka University persiapan pertukaran mahasiswa 2024

id Unand

Unand sambangi Osaka University persiapan pertukaran mahasiswa 2024

Rombongan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat (Sumbar) menyambangi sejumlah fasilitas pendidikan di Osaka University Jepang. (Antara/HO-Pribadi).

Padang (ANTARA) - Rombongan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat (Sumbar) menyambangi sejumlah fasilitas pendidikan di Osaka University Jepang dalam rangka persiapan pertukaran mahasiswa kedua belah pihak pada 2024.

"Kunjungan ini bertujuan sebagai persiapan kegiatan student exchange yang akan diselenggarakan kedua belah pihak pada tahun 2024," kata Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Prof Hardisman melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Senin.

Ia mengatakan di Osaka University, rombongan Fakultas Kedokteran Unand mengunjungi langsung fasilitas pendidikan Division of Health Sciences, Department of Midwifery and Woman Health Faculty of Medicine.

Adapun fasilitas pendidikan yang dikunjungi ialah laboratorium kebidanan, ruang baca, perpustakaan fakultas kedokteran hingga museum universitas tersebut. Pada kesempatan itu, Fakultas Kedokteran Unand juga melihat phantom simulasi persalinan serta phantom simulasi perawatan pasien.

"Perpustakaan di Osaka University memiliki sistem terbuka dan tertutup dengan digitalisasi koleksi buku dan referensi yang tersedia di perpustakaan," kata dia.

Selain itu, museum fakultas juga menyimpan koleksi-koleksi bersejarah sejak dimulainya pendirian perguruan tinggi yang berada di "Negeri Matahari Terbit" tersebut.

Ia menilai beragam fasilitas pendidikan yang dimiliki Osaka University membuat mahasiswa nyaman dan betah. Hal itu secara otomatis dapat menunjang proses perkuliahan dengan baik.

Kecanggihan teknologi yang digunakan serta kelengkapan referensi yang tersedia memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperkaya ilmu yang dibutuhkan.

Kunjungan kerja Fakultas Kedokteran Unand ke Osaka University dilaksanakan pada 22 hinga 27 Oktober 2023. Rombongan dari Unand terdiri dari Dekan Fakultas Kedokteran Prof Afriwardi, Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Prof Hardisman dan Ketua Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran

Unand Yulizawati.

Sementara, dari Osaka University dihadiri oleh Prof Watanabe, Prof Mie Shiraishi, Assistant Professor Horighuci, PhD Student Ms. Kanekasu dan Magister Student Nanako.