Uda Uni se-Sumbar diharapkan terus berkarya dan berkontribusi untuk daerah

id Uda Uni DUta Wisata Provinsi Sumatera Barat 2023,Bupati Solok Selatan Khairunas,Berita solsel,Berita sumbar

Uda Uni se-Sumbar diharapkan terus berkarya dan berkontribusi untuk daerah

Pemenang Uda Uni Sumbar foto bersama usai menerima hadiah. (Antara/HO-Kominfo)

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan Khairunas berharap seluruh Uda Uni yang mewakili daerahnya masing-masing, jika dinobatkan sebagai pemenang untuk tetap aktif berkarya dan memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

"Besar harapan kami kepada finalis Uda Uni siapapun yang dinyatakan sebagai juara, jadilah duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan Daerah, bangsa dan negara," kata Khairunas dalam sambutannya pada Grand Final Pemilihan Uda Uni Sumatera Barat di Menara Songket, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Sabtu malam.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Grand Final Uda Uni Duta Wisata Provinsi Sumatera Barat di kabupaten ini.

Pemerintah setempat juga menyambut dengan tangan terbuka untuk kunjungan dan kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan di Solok Selatan.

Para Uda Uni ini diharapkan berinovasi dalam memperkenalkan Sumatera Barat di mata wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menggunakan teknologi.

Selain itu, para duta wisata ini juga diharapkan untuk menjadi contoh teladan bagi anak-anak muda lainnya di seluruh kabupaten/kota asalnya.

"Pesan saya, agar ananda sekalian tidak hanya berfokus terhadap promosi wisata semata, melainkan kalian harus memahami program-program pemerintah daerah dan pemerintah provinsi yang nantinya dapat disosialisasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Ketua Dekranasda Sumatera Barat Hj. Harneli Mahyeldi mengatakan dalam pemilihan ini diharapkan tidak hanya menghasilkan duta wisata yang mengedepankan fisik saja, namun juga mengedepankan kemampuannya, keramahan, dan penilaian lainnya.

"Bukan didasarkan cantik fisik saja tapi kencantikan dari dalam, keramahan, keluasan ilmu, dan kemampuan berbahasa. Karena kita tahu gimana pengembangan pariwisata di Sumatera Barat," katanya.

Diharapkan pada Uda Uni ini ke depan bisa mempromosikan wisata di provinsi sekaligus menggaet lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Dalam penyelenggaraan malam grandfinal dengan guyuran hujan, namun para finalis Uda Uni tetap memberikan penampilan terbaiknya dalam penilaian akhir.

Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Provinsi Sumatera Barat 2023 ditutup dengan diumumkannya pemenangnya.

Berikut daftar pemenang Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat Tahun 2023 :

Juara I

Uda Kota Solok

Uni Kota Bukittinggi

Juara II

Uda Kabupaten Pesisir Selatan

Uni Kota Solok

Juara III

Uda Kota Bukittinggi

Uni Kabupaten Solok Selatan

Harapan I

Uda Kabupaten Dharmasraya

Uni Kota Padang

Harapan II

Uda Kota Payakumbuh

Uni Kabupaten Dharmasraya

Harapan III

Uda Kabupaten Sijunjung

Uni Kabupaten Tanah Datar