Gubernur Sumbar minta dukungan perguruan tinggi respon perubahan

id UNP,Dies Natalis,padang

Gubernur Sumbar minta dukungan perguruan tinggi respon perubahan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi hadiri Dies Natalis UNP ke-69. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi meminta dukungan dari perguruan tinggi di daerah itu, termasuk Universitas Negeri Padang (UNP) untuk bisa merespon dengan baik perubahan dan perkembangan yang begitu cepat di berbagai bidang.

"Perubahan begitu cepat di berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, politik, media hingga pendidikan. Pemerintah daerah butuh dukungan perguruan tinggi untuk bisa merespon hal tersebut," katanya di Padang, Senin, saat menghadiri Peringatan Dies Natalis UNP ke-69 di Padang.

Menurutnya, dalam usia yang telah mencapai 69 tahun, UNP telah menjelma dan masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Karena itu sangat wajar bila pemerintah daerah berharap kontribusinya guna mendukung program pemerintahan di daerah.

"UNP memiliki berbagai jurusan dan program studi (prodi) di jenjang Pendidikan S1, S2, hingga S3 yang bisa merespon perubahan di berbagai bidang. Kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan UNP bisa mewujudkan misi Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan," katanya.

Ia menyebut UNP telah melakukan berbagai terobosan luar biasa sehingga makin menegaskan diri sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

“UNP harus menjadi contoh bagi lahirnya inovasi, menjadi contoh dalam menata kurikulum dan metode pendidikan yang mampu melahirkan SDM unggul, kompetitif, dan bermutu. Serta, menjadi contoh dalam upaya riset dan hilirisasi, sehingga semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, Mahyeldi berharap keluarga besar UNP juga bisa menjadi panutan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan serta saling menghargai dalam berdemokrasi.

Sementara itu Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan Dies Natalis ke-69 menjadi momentum untuk refleksi diri dengan mengingat sejarah dan mengenang tokoh-tokoh UNP yang berjasa dari sejak awal dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Batusangkar tahun 1954 hingga kini berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan rencana pengembangan jangka panjang (RPJP) UNP tahun 2021 sampai 2045.

Ia menyebut tahap pertama dari 2021-2025 merupakan penguatan budaya riset dan inovasi, tahap kedua 2026-2030 UNP masuk tahap universitas riset dan inovasi, tahap ketiga 2031-2035 persiapan enterpreneurial university.

Kemudian pada 2036-2040 masuk tahap penguatan enterpreneurial dan tahap terakhir 2041-2045 entrepreneurial university.*