Kesbangpol libatkan Karang Taruna untuk P4GN

id Karang Taruna payakumbuh,berita payakumbuh,berita sumbar,Kesbangpol Kota Payakumbuh,pemberantasan narkoba payakumbuh

Kesbangpol libatkan Karang Taruna untuk P4GN

Sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Kamis (12/10). Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Pengurus Karang Taruna se-Kota Payakumbuh mengikuti sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Kamis (12/10).

Pj Wako Payakumbuh Jasman diwakili Asisten I Setdako Payakumbuh Dafrul Pasi mengatakan narkoba merupakan hal yang sangat berbahaya karena dapat menabrak seluruh lapisan sosial sehingga memang harus mendapatkan perhatian dalam pencegahannya.

"Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, terlebih Kota Payakumbuh merupakan daerah perlintasan yang menyebabkan kita rentan, sehingga memang harus ekstra dalam mencegahnya," katanya.

Hadir sebagai narasumber Kepala BNN Payakumbuh M. Febrian Jufril dan Kaur Bin Ops (KBO) Satre Narkoba Polres Payakumbuh Ipda Yoza.

Dafrul menyampaikan bahwa salah satu contoh bahaya narkotika yaitu sebagian besar Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Kota Payakumbuh disebabkan oleh narkotika.

Ia mengatakan bahwa dalam P4GN tidak hanya menjadi tanggung jawab salah satu pihak, namun memang harus melibatkan seluruh pihak termasuk Karang Taruna yang anggotanya sampai ke tingkat kelurahan.

"Mari kita tingkatkan kepedulian masyarakat. Dalam pemberantasan narkoba memang sangat dibutuhkan informasi yang datang langsung dari masyarakat," katanya.

Dia meminta agar Karang Taruna nantinya juga dapat membuat program-program terkait P4GN seperti sosialisasi untuk masyarakat.

"Sehingga ilmu yang didapatkan dalam sosialisasi ini tidak hanya untuk pengurus karang taruna namun juga sampai ke tengah masyarakat," ungkapnya.

Kepala kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Dipa Surya Persada mengatakan pentingnya keberadaan karang taruna perlu diperdayakan khususnya dalam P4GN.

Peserta dari kegiatan yang bertema Karang Taruna Kota Payakumbuh peduli bahaya narkoba yakni Ketua dan pengurus Karang Taruna tingkat Kota Payakumbuh, Kecamatan, dan Kelurahan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan P4GN sehingga Kota Payakumbuh dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi mengatakan terimakasih kepada kesbangpol untuk menjadikan karang taruna sebagai mitra dalam menjalankan sejumlah program, salah satunya terkait P4GN.

"Kita di karang taruna siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam memberantas bahayanya penyalahgunaan narkotika," ujarnya.