Karang Taruna Sopan Santun dan Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah gelar kejuaraan silat

id berita payakumbuh, berita sumbar, karang taruna, silat

Karang Taruna Sopan Santun dan Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah gelar kejuaraan silat

Ketua Panitia Kejuaraan Silat Terbuka Minsai Al-Fitrah Al Idiyoferi. (Antara/Dokumentasi Pribadi.)

Payakumbuh (ANTARA) - Karang Taruna Sopan Santun Kelurahan Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat bersama dengan Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah menggelar Kejuaraan Silat Terbuka untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

" Kejuaraan ini merupakan ide bersama Karang Taruna Sopan Santun dengan Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah yang berada di kelurahan Balai Jaring," kata Ketua Panitia Kejuaraan Silat Terbuka Minsai Al-Fitrah Al Idiyoferi di Payakumbuh Sabtu.

Menurutnya, salah satu alasan dilaksanakannya kejuaraan silat terbuka ini setelah melihat potensi pelajar yang tergabung dalam perguruan minsai Al-Fitrah.

"Semoga dengan apa yang kita laksanakan ini dapat memberikan semangat pada pesilat-pesilat muda kita untuk berkembang dan berprestasi," kata dia didampingi Wakil Ketua Panitia Kejuaraan Silat Terbuka Minsai Al-Fitrah Novianto Yudistira

Kejuaraan pencak silat tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 26 Juni 2022 sampai Rabu, 29 Juni 2022 dan akan mempertandingkan 28 kelas untuk tiga tingkatan, yakni tingkat SD, SMP, dan SMA.

"Alhamdulillah even yang kita laksanakan kali ini mendapatkan respon yang positif terbukti dengan adanya 378 atlet yang akan ambil bagian dalam kejuaraan kita kali ini," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kejuaraan silat yang akan dilaksanakan di Lapangan Voli BAJA di Balai Jariang ini perdana dilaksanakan oleh Karang Taruna Sopan Santun.

"Karang Taruna Sopan Santun memang salah satu yang aktif berkegiatan di Kota Payakumbuh. Pada 2021 kemarin kita meraih Juara 1 pada penilaian pilar-pilar sosial berprestasi tingkat Provinsi Sumbar," ujarnya.

Sementara Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Payakumbuh Hamdi Agus mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Sopan Santun dan Perguruan Silat Minsai Al-Fitrah.

"Karang Taruna dan panitia sudah bertemu dengan kami pengurus IPSI Kota Payakumbuh, Kita IPSI mendukung kegiatan yang diangkat ini juga adalah bagian dari kegiatan pembinaan," ujarnya.

Kejuaraan ini, menurutnya juga menjadi ajang bagi para pesilat untuk meningkatkan prestasi serta untuk mengembangkan dan melestarikan beladiri asli ranah Minang.

"InsyaAllah kita di IPSI Payakumbuh juga akan menggelar kejuaraan dan memang sudah masuk dalam program kerja kita di IPSI," ujar Hamdi yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Payakumbuh.