Prodi Kebidanan Unand ikuti klinik laporan kemajuan luaran PKM-PM

id Unand

Prodi Kebidanan Unand ikuti klinik laporan kemajuan luaran PKM-PM

Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat mengikuti klinik laporan kemajuan dan luaran Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM). (Antara/HO-Ist).

Padang (ANTARA) - Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat mengikuti klinik laporan kemajuan dan luaran Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM).

"Luaran yang dicapai yakni ada pretest dan posttest, laporan kemajuan, buku pedoman mitra, terciptanya akun media sosial dan beberapa laporan lainnya," kata pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Yulizawati melalui keterangan tertulisnya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan klinik laporan kemajuan dan luaran dilakukan secara offline di ruang seminar PKM lantai 2 Universitas Andalas dengan agenda reviewer Dr Suryati.

Kegiatan tersebut diawali dengan editing file doc. Review latar belakang dari kegiatan yang diangkat serta bahasa. Pada bagian luaran yang merupakan nilai tertinggi dan sangat berpengaruh, sesuai apa yang dijanjikan dan berapa target untuk menambah nilai.

Yulizawati mengatakan masukan reviewer menjelaskan dan menegaskan bentuk luaran yang sudah dicapai mahasiswa kebidanan. Hal itu dengan merujuk kepada bentuk luaran yang diharapkan pada proposal sebelumnya.

Perubahan kalimat pada bagian luaran ke bahasa yang lebih mudah dipahami, dan tambahan bukti dalam bentuk gambar.

"Perubahan kalimat pada bagian capaian agar kegiatan ini terbukti bisa memberi manfaat bagi mitra," ujar dia.

Bagian artikel pengabdian andalisan dalam tahap dua yaitu proses review dan pada rumah jurnal sudah dipublikasi. Pada buku pedoman dijelaskan tempat terbit dan diusahakan memperbanyak cetakannya.

"Pretest dan post test itu termasuk kedalam bab tiga metode bukan luaran. Lampirkan semua bukti dalam bentuk foto atau link yang bisa langsung satu kali klik bisa keluar webnya," ujar dia.

Ia mengatakan manfaat dari buku tersebut harus dimaksimalkan agar berkelanjutan dan tidak hanya digunakan saat pengabdian saja. Semua kegiatan yang dilakukan telah dipublikasi di media sosial termasuk menyertakan link dan bukti.

"Laporan kemajuan sudah 100 persen, laporan akhir 90 persen, luaran sudah melebihi target, pretest post test itu medianya bukan luaran," kata dia.

Ia juga meminta agar setiap mahasiswa Kebidanan Unand memerhatikan format yang semuanya diminta untuk diunggah.