Bupati Tanah Datar imbau wali nagari terpilih tidak euforia berlebihan

id Bupati Tanah Datar,Berita tanah datar,Berita sumabr,Pilwana serentak tanah datar

Bupati Tanah Datar imbau wali nagari terpilih tidak euforia berlebihan

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilwana serentak 2023 (Antara/Etri Saputra). 

Ba (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengimbau seluruh tim maupun calon pemenang Pemilihan Wali Nagari atau Pilkada serentak 2023 di daerah itu untuk tidak euforia berlebihan.

"Saya mengimbau kepada wali nagari terpilih untuk tidak euforia, namun tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Bagi yang kalah, jangan bersedih dan tetap semangat," kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Selasa.

Dia berpesan kepada seluruh calon wali nagari untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan baik setelah pencoblosan ataupun setelah keluar hasilnya.

"Saya mengimbau calon bersama pendukung untuk mengedepankan prinsip Pilwana badunsanak, dan memakai pepatah "Biduak Lalu Kiambang Batauik" yang mana selepas pesta demokrasi semuanya kembali bersatu menghilangkan perbedaan selama ini," pesannya.

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang turut menyukseskan Pilwana Serentak di Tanah Datar.

"Terima kasih atas partisipasi masyarakat Tanah Datar yang telah menyalurkan hak pilihnya, dan terima kasih juga kepada petugas keamanan, seperti jajaran Polres Tanah Datar dan Padang Panjang, TNI, tenaga kesehatan, dan Linmas di Nagari serta pihak lainnya," kata dia.

Dia menjelaskan, dalam rangka memastikan pesta demokrasi Pilwana serentak, Bupati Tanah Datar Eka Putra meninjau secara langsung situasi ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dia turut didampingi Forkopimda, Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Kepala OPD, dan Kabag di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Rombongan mengawali kunjungan ke Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang kemudian ke Balai Akad Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, ke Medan Nan Bapaneh Nagari Gurun Kecamatan Sungayang.

Dilanjutkan ke Pasar Rambatan Kecamatan Rambatan, Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan dan Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto.

"Dari kunjungan tersebut untuk partisipasi pemilih pada Pilwana serentak 2023 di Tanah Datar berada diangka 65 persen. Karena banyaknya masyarakat Tanah Datar yang berbeda di rantau dan berdagang juga ke sawah," kata dia.

Sementara itu Kapolres Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra S.I.K, mengatakan untuk keamanan pada Pilwana tersebut masih terpantau aman. Kendati demikian pihaknya tetap mengawal hingga proses penghitungan dan pengembalian kembali kotak suara.