KRI Teluk Bone diperkirakan sampai Pariaman akhir September

id Kapal perang bekas KRI Teluk Bone 511,Berita pariaman,Berita sumbar

KRI Teluk Bone diperkirakan sampai Pariaman akhir September

Kapal perang bekas KRI Teluk Bone 511 sedang dibawa dari Surabaya dengan cara ditarik ke Kota Pariaman, Sumbar. Antara/istimewa

Pariaman (ANTARA) - Kapal perang bekas KRI Teluk Bone 511 yang diangkut dari Surabaya yang rencananya dijadikan sebagai museum diperkirakan sampai di Kota Pariaman, Sumatera Barat sekitar akhir September 2023.

"Kemarin KRI Teluk Bone 511 berada di Lampung diperkirakan jika cuaca baik maka kapal tersebut sampai Pariaman seminggu lagi (26/9)," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan kapal tersebut dibawa dari Surabaya sekitar satu bulan lalu dengan cara ditarik dengan kapal khusus dengan kecepatan sekitar 2 knot sehingga membutuhkan waktu lebih lama sampai Pariaman.

Apalagi, kata dia dalam pelayaran ke Pariaman KRI Teluk Bone 511 terkendala cuaca buruk sehingga dapat menghambat perjalanan yang jika dipaksakan akan berpengaruh pada kondisi kapal tersebut.

Ia menyebutkan dana penarikan kapal tersebut ke daerah yang dikenal Kota Tabuik itu sebesar Rp2 miliar yang dananya berasal dari APBD Pariaman.

Rencananya, kata dia kapal tersebut akan dijadikan museum guna menarik kunjungan wisatawan ke Pariaman. Selain itu posisinya akan memperkuat Monumen Angkatan Laut RI yang ada di Pantai Gandoriah.

"KRI Teluk Bone 511 akan diletakkan di dekat lokasi pembangunan Masjid Terapung," katanya.

Ia mengungkapkan awalnya Pariaman mendapatkan KRI Teluk Ratai namun saat masih dalam proses hibah kapal tersebut karam sehingga sebagai gantinya daerah itu mendapatkan KRI Teluk Bone 511.

Ia belum bisa memastikan adanya kegiatan khusus untuk penyambutan kedatangan kapal tersebut di Pariaman karena menunggu arahan dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman.

KRI Teluk Bone 511 merupakan salah satu kapal perang TNI AL jenis Landing Ship Tank dan merupakan eks kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Iredell County (LST-839).

Selama berada pada Amerika Serikat kapal tersebut pernah dilibatkan Perang Dunia II pada 1945-1946 dan perang Vietnam pada 1966-1970.

Pada Juli 1970 kapal perang tersebut diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia yang kemudian dinonaktifkan pada 2019.