Deklarasi Pemilu damai di Sawahlunto untuk ciptakan kamtibmas kondusif

id Deklarasi Pemilu damai di Sawahlunto,Berita sawahlunto,Pemilu 2024

Deklarasi Pemilu damai di Sawahlunto untuk ciptakan kamtibmas kondusif

Deklarasi Pemilu damai di Sawahlunto untuk ciptakan kamtibmas kondusif

Sawahlunto (ANTARA) - Forkopimda bersama penyelenggara dan peserta pemilu dan tokoh/organisasi masyarakat Kota Sawahlunto, Sumatera Barat menandatangani deklarasi Pemilu damai, di Polres Sawahlunto, Rabu.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, di Sawahlunto, Rabu menyampaikan pihaknya menggelar deklarasi Pemilu damai tersebut dengan tujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kambtibmas) yang kondusif dalam menyambut pesta demokrasi Tahun 2024 mendatang.

"Polri menilai perlu dilaksanakan antisipasi potensi kerawanan jelang tahapan inti Pemilu, sekaligus menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi agar tahapan pemilu terselenggara dengan baik dan sukses. Hal itu yang menjadi prinsip penyelenggaraan deklarasi Pemilu damai ini," kata dia.

Ia mengharapkan dengan digelarnya deklarasi ini juga dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran saat kampanye pemilu berlangsung.

"Penandatanganan deklarasi Pemilu damai yang dilakukan oleh Forkopimda, penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), pimpinan atau pengurus Partai Politik peserta Pemilu serta ormas dan tokoh masyarakat," katanya.

Kapolres Purwanto menyampaikan isi deklarasi tersebut yaitu mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, kemudian melaksanakan tahapan Pemilu secara aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax, politisasi Sara dan politik uang dan melaksanakan tahapan Pemilu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia mendukung, mendeklarasikan dan menandatangani deklarasi Pemilu damai ini," kata dia.

Sementara Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi deklarasi Pemilu damai tersebut yang dinilai berperan besar menciptakan suasana Pemilu yang 'elok dan badunsanak' di Sawahlunto.

"Di Sawahlunto kita memiliki kekayaan berupa kebersamaan dan keharmonisan dalam keberagaman. Saat nanti kita punya pilihan yang berbeda dalam Pemilu, itu tidak boleh membuat kebersamaan dan keberagaman yang terjalin selama ini rusak, karena itu deklarasi Pemilu damai ini menjadi permulaan untuk mengantisipasi hal tersebut," kata dia.