Satlantas Polres Pasaman Barat sosialisasikan tertib berlalu lintas ke sekolah

id Polres Pasaman Barat ,Berita pasbar,Berita sumbar

Satlantas Polres Pasaman Barat sosialisasikan tertib berlalu lintas ke sekolah

Jajaran Polsek Talamau menyerahkan helm gratis ke anak-anak sekolah MAN 5 Pasaman Barat, Sabtu (20/9/ 2023). Antara/HO Diskominfo.

Simpang Empat (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat melalukan sosialisasi kelengkapan penggunaan kendaraan bermotor di sejumlah sekolah sejak Jumat (1/9).

"Sosialisasi ini dalam rangka menyambut operasi zebra yang akan dilaksanakan 4-17 September," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fathur Rahman, Sabtu.

Menurutnya sosialisasi kelengkapan pengguna kendaraan bermotor sengaja dilakukan untuk mewujudkan keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar) Lantas yang aman dan kondusif menjelang Operasi Zebra Singgalang Tahun 2023," katanya.

"Kita sengaja menyasar ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda, khususnya para pelajar terkait peraturan lalu lintas dan kelengkapan saat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya," ujarnya.

Ia mengatakan sebagai bentuk kepedulian keselamatan masyarakat dan menekan angka kecelakaan lalu lintas disaat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya, Satlantas Polres Pasaman Barat juga membagikan helm kepada pihak sekolah MAN 5 Pasaman Barat.

"Satlantas Polres Pasaman Barat akan terus menggandeng pihak sekolah agar angka kecelakaan dan korban fatalitas kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir," ujarnya.

Kemudian melarang kalangan usia pelajar dan generasi muda yang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor di jalan raya

Pihaknya mengimbau dan mengajak kepada para orang tua agar tidak memberikan sepeda motor kepada anak-anak yang masih di bawah umur.

Selain itu, pihak sekolah untuk tetap melakukan pengawasan kepada siswa-siswi dalam penggunaan kendaraan bermotor, agar para pelajar dapat terhindar dari pelanggaran dan resiko fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Selain sosialisasi juga diadakan bagi-bagi helm kepada pihak sekolah MAN 5 Pasaman Barat.

Ia menyebutkan selain peduli keselamatan kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas.

Pengendara dan penumpang wajib memakai helm saat menggunakan sepeda motor untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi insiden di jalan raya.

Ia berharap dengan adanya pembagian helm secara gratis ini, semoga kedepannya masyarakat bisa menyadari akan pentingnya keselamatan dan mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara. **2***