Pemkot Payakumbuh raih penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

id Pemkot Payakumbuh,penghargaan Nirwasita Tantra payakumbuh,Berita payakumbuh,Berita sumbar

Pemkot Payakumbuh raih penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

Pemkot Payakumbuh raih penghargaan Nirwasita Tantra dari KLHK

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2022 kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita dari Pemko Payakumbuh kembali dinilai baik oleh KLHK yang merupakan kelima kalinya bagi Payakumbuh," kata Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda dihubungi dari Payakumbuh, Selasa (29/8).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rida Ananda di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI, Selasa (29/8).

Ia mengatakan Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari KLHK tersebut karena sudah memiliki kebijakan pengelolaan lingkungan hidup.

"Selanjutnya itu untuk seluruh dokumen informasi pengelolaan lingkungan hidup kita itu lengkap dan tentunya dukungan penuh dari Kepala Daerah dan Anggota DPRD," ungkapnya.

Kedepannya, kata dia, Pemkot Payakumbuh akan meningkatkan apa yang sudah dapatkan saat ini yakni semua dokumen perencanaan pengelolaan lingkungan hidup sampai dengan pengawasan yang harus baik.

"Pemko Payakumbuh, seluruh stakeholder dan masyarakat harus kompak untuk pengelolaan lingkungan hidup," ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus juga menerima penghargaan untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh yang berhasil keluar sebagai Peringkat Pertama DPRD Kota Kecil dalam Anugerah Green Leadership “Nirwasita Tantra”.

"Selamat dan terima kasih kepada DPRD Kota Payakumbuj yang senantiasa selalu memberikan dukungan pada program Pembangunan Berkelanjutan berorientasi pada kelestarian lingkungan hidup," katanya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan seperti dengan tidak lagi membuang sampah ke sungai.

"Kita juga meminta masyarakat untuk memilah sampah agar bisa dimanfaatkan. Seperti sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, dan sampah plastik bisa didaur ulang menjadi barang berguna lainnya," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Desmon Korina mengatakan penilaian calon penerima Nirwasita Tantra dilakukan berdasarkan informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah, penanganan permasalahan lingkungan, serta kebijakan dan program yang diterapkan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerah.

"Alhamdulillah kita di Kota Payakumbuh sudah memiliki kebijakan mulai dari Perda hingga Perwako seperti Perda Pengelolaan Lingkungan Hidup, Perda Pengelolaan Sampah, air limbah domestik, penghijauan lingkungan," katanya.